CollPlant Bentuk Divisi Baru, Fokus Kembangkan Produk 3D Bio-Printing

Tanaman penghasil rhCollagen yang dikembangkan oleh CollPlant. SUmber gambar : greentechconcept.com

CollPlant sebuah perusahaan startup kesehatan mengumumkan bahwa pihaknya telah menciptakan sebuah divisi baru yang fokus mengembangkan produk bio-printing berbahan dasar kolagen.

CollPlant telah memanfaatkan rhCollagen berbasis tanaman miliknya yang digunakan untuk keperluan perbaikan jaringan tubuh manusia. Divisi baru ini selanjutnya akan mengembangkan bio-ink atau tinta biologis berbahan kolagen untuk digunakan dalam printer 3D yang mampu mencetak citra organ dan jaringan.

“Selama beberapa bulan terakhir, Kami telah menggandakan aktivitas kami di bidang pencetakan 3D (citra organ tubuh manusia) dengan memanfaatkan tinta biologis yang dikembangkan menggunakan bahan dasar rhCollagen Kami,” tutur CEO CollPlant, Yehiel Tal.

“Protein kolagen adalah unsur utama pada jaringan ikat di tubuh manusia, dan karena itu sangat ideal untuk digunakan sebagai tinta biologis,” lanjut Tal.

Tal memuji beberapa sifat rhCollagen yang membuatnya ideal untuk menciptakan jaringan yang bisa digunakan di dalam tubuh manusia. CollPlant sendiri sejauh ini sudah berhasil menciptakan beberapa produk bio-material yang ditunjukkan untuk keperluan penyembuhan luka lanjut dan ortopedi.