Perangkat Drainase Glukoma Dengan Fitur Self-Cleaning Magnetik

medgadget

Tim peneliti Purdue University merancang purwarupa perangkat drainase glukoma yang dapat membersihkan sendiri menggunakan gelombang magnet eksternal. Inovasi ini dapat membantu menciptakan implan yang dapat bertahan lebih lama dari model yang lazim digunakan sekarang.

CDC melaporkan sekitar tiga juta warga Amerika menderita glukoma. Kini, obat resep praktisi medis, atau saran pembedahan implantasi perangkat drainase untuk meringankan tekanan mata dan memulihkan penglihatan. Namun, pendekatan ini tidak selamanya berhasil.

Salah satu masalahnya adalah perangkat drainase ketahanannya terbatas, karena terhalangi oleh mikroorganisme yang muncul, yang umum disebut biofouling. HAnya 50% perangkat yang masih berfungsi setelah lima tahun.

“Kami menciptakan alat drainase baru yang mengatasi masalah ini dengan kemajuan mikroteknologi.” ujar Hyowon “Hugh” Lee, salah satu anggota tim periset. “Alat ini mampu membersihkan sendiri dari makhluk hidup yang mengotori. Ini adalah lompatan besar terhadap pengobatan pribadi.”

Perangkat drainase terbaru ini mengandung aktuator mikro yang bergetar saat dipengaruhi medan magnet. Tiap aktuator terdiri dari sebuah pengait dan magnet nikel. Perangkat dapat membersihkan sendiri dari mikrobial biofueling asing saat aktuator menyentuh dinding lapisan dan menyingkirkan penghalang. Karena medan magnet bisa dikontrol dari luar, maka teknik pembersihan invasif tidak begitu diperlukan.

“Kami dapat mengendalikan medan magnet dari luar tubuh kapanpun untuk memberikan perangkat penyegaran kondisional.” ujar Lee. “Perkembangan teknologi responsif kami menawarkan perangkat implan baru yang lebih reliable, aman, dan efektif untuk merawat glukoma.”

Perangkat drainase juga dapat membantu mengatasi resistensi aliran dengan pengaturan beragam, yang berarti dapat menyediakan perawatan yang lebih fleksibel bagi tiap penderita glukoma yang berbeda. Glukoma memiliki jenis beragam bergantung pada tahap penyakit, dan pasien muingkin memiliki kebutuhan yang berbeda berkaitan dengan tekanan mata dan parameter optimal drainase untuk meringankan penyakitnya. Purwarupa Perangkat tersebut sudah melalui ujicoba laboratorium dan kini sedang menunggu paten dan perijinannya.