Penyelenggaraan IHEX Fokus Pada Isu RS Berbasis Syariah

Majelis Upaya Kesehatan Islam Seluruh Indonesia (MUKISI) akan melangsungkan acara Islamic Healthcare Conference and Expo (IHEX) di Jakarta Convention Center (JCC) pada 10-12 April 2018.

Ketua Panitia acara, Burhanuddin Hamid Darmadji mengatakan bahwa MUKISI masih fokus pada isu rumah sakit syariah tahun ini. Isu tersebut menjadi isu sentral dalam agenda MUKISI sekaligus isu pembeda dengan asosiasi rumah sakit yang lainnya.

Peserta dari dalam dan luar negeri serta para pembicara nasional dan internasional akan hadir dalam IHEX guna memantapkan bangkitnya rumah sakit yang berlandaskan syariah di Indonesia.

Rumah Sakit Syariah akan dibahas dari beberapa pendekatan berbeda dengan tujuan yang sama, yaitu membangkitkan rumah sakit syariah di Nusantara,” kata Burhanuddin.

Dirinya mengajak khalayak meramaikan pameran yang juga didukung oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) tersebut dalam konteks ikhtiar dakwah Islamiyah. Rangkaian acaranya telah didesain sedemikian rupa sehingga harapannya dapat terjalin kolaborasi semua komponen umat dalam ikhtiar ini.

Ia menegaskan, bukan hanya komponen umat di dalam negeri. Tetapi juga komponen umat di luar negeri. “Dalam rangkaian kegiatannya akan dibahas isu-isu penting mengenai rumah sakit syariah, disamping seminar internasional, ada juga workshop yang bersifat lebih teknis menyiapkan rumah sakit sertifikasi syariah,” ujarnya.

Burhanuddin berharap, Allah SWT berkenan meridhai kegiatan IHEX. Juga berharap IHEX didukung segenap pihak terkait. Melalui kegiatan ini diharapkan mampu menghadirkan sebuah sistem pelayanan kesehatan yang memiliki kapabilitas dalam menjawab kebutuhan umat, yakni kebutuhan terhadap pelayanan kesehatan yang sesuai dengan prinsip syariah dan bermanfaat bagi sebanyak mungkin orang.