Pengukur Tekanan Bola Mata Implan Telah Diujikan Pada Pasien

Implandata, sebuah perusahaan teknologi kesehatan di Hannover, Jerman baru saja mengumumkan bahwa mereka berhasil melakukan implan teknologi yang mereka kembangkan pada seorang pasien.

Alat bernama EYEMATE tersebut berfungsi untuk mengecek dan memonitor tekanan mata intraokular (IOP) pasien secara berkala. Alat tersebut berguna bagi pasien yang mengidap Glaukoma atau kondisi mata yang kurang umum lainnya dimana kondisi tersebut memerlukan laporan kondisi IOP yang berkelanjutan.

Selama ini untuk melakukan pengecekan IOP, pasien harus datang ke rumah sakit dan diukur menggunakan tonometer konvensional. Dengan teknologi EYEMATE, pihak implandata mengklaim bahwa hal ini tidak perlu lagi dilakukan oleh pasien.

EYEMATE terdiri dari implan yang ditempatkan di mata serta perangkat sensor yang diposisikan di depan mata setiap kali akan melakukan pengukuran. Pasien bisa melakukan ini sendiri dengan beberapa langkah mudah. Tinggal menunggu beberapa detik, kemudian hasil tekanan bola mata terbaru pasien dapat diketahui.

Implan pertama yang dilakukan di University Eye Hospital of Bochum, Jerman, merupakan bagian dari studi yang lebih besar untuk mengevaluasi teknologi tersebut dan untuk mencoba ukuran sayatan yang lebih kecil dari 2.7 mm. Jika tekologi ini berhasil, maka EYEMATE digadang-gadang menjadi salah satu teknologi kesehatan revolusioner dalam bidang kedokteran mata.