Ini 10 Besar Perusahaan Alat Kesehatan Terbaik di Dunia 2018

Gambar: chiefexecutive.net

Industri alat kesehatan (alkes) memiliki peran penting dalam pesatnya perkembangan industri sains dan medis. Menghasilkan serangkaian luas produk mulai dari kategori diagnostik, instrument pembedahan, kursi roda, dan alat bantu jantung yang ldigunakan di instansi kesehatan di berbagai belahan dunia.

Dewasa ini terdapat banyak perusahaan medis yang sukses mengembangkan teknologi canggih . Walaupun ditekan regulasi tiap negara yang ketat serta anggaran yang terbatas, namun pangsa pasarnya bisa terus berkembang. Industri alat kesehatan kini divaluasi pada angka 389 miliar Dollar Amerika Serikat (AS) dan menurut perusahaan riset asal Amerika Serikat Kalorama Information.

Kalorama Information juga mengeluarkan daftar 10 perusahaan alat kesehatan di dunia yang performanya dinilai terbaik pada tahun kemarin. Berikut daftarnya:

1. MEDTRONIC

Dengan total pendapatan mencapai 29.7 miliar Dolar AS 2017, Medtronic adalah perusahaan alkes dengan penjualan terbaik. Produk mereka terbagi dalam t kateigagori yaitu Cardiac & Vascular (10,498 juta Dolar AS), Terapi Invasif Minimal (9,919 juta Dolar AS) dan kategori Diabetes 1,927 juta Dolar AS).

2. DEPUY SYNTHES

DePuy Synthes adalah perusahaan anak perusahaan Johnson & Johnson. Perusahaan tersebut menawarkan berbagai jenis alkes. Total penjualan pada 2017 lalu mencapai 26.6 Dolar AS miliar, naik sebesar 5.9% dari tahun 2016. Pendorong utamanya dari segmen Pembedahan (9,559 juta Dolar AS), Orthopedik (9,258 juta Dolar AS) dan Kesehatan Mata (4,063 juta Dolar AS).

3. FRESENIUS MEDICAL CARE

Fresenius Medical Care adalah perusahaan alat kesejatan terbesar dalam bidang penanganan Kegagalan Ginjal Akut. Perusahaan menyediakan produk dan jasa untuk dialysis dan cater untuk menangani lebih dari 320,000 pasien di seluruh dunia. Dengan total pendapatan 20.9 miliar Dolar AS, perusahaan tersebut berhasil menjadi memimpin pasar dialysis di dunia.

4. PHILIPS HEALTHCARE

Philips Healthcare adalah anak perusahaan Philips, jaringan konglomerasi multinasional. Penjualan perusahaan tercatat naik hingga 17.8 miliar Euro, yang terdiri dari kesehatan Personal (7,310 juta Euro) dan bisnis Perawatan Diagnosis (6,891 juta Euro) dan penjualan Connected Care & Health Informatics (3,163 juta Euro).

5. GE HEALTHCARE

Perusahaan layanan kesehatan milik General Electric ini menampilkan kinerja kokoh pada 2017 lalu dan sukses mengamankan peringkat perusahaan perangkat medis terbesar ke-5 dunia. Dengan pertumbuhan pendapatan mencapai $20.4 miliar, naik 6% dari tahun sebelumnya. Pertumbuhan pendapatan didorong oleh volume penjualan yang tinggi di Amerika Serikat dan Eropa ditambah pasar yang sedang berkembang di China dan Timur Tengah.

6. SIEMENS HEALTHINEERS

Siemens Healthineers adalah salah satu pemasok teknologi kesehatan terbesar di dunia. Mereka berfokus pada teknologi medis dan solusi softwarenya. Akhir 2017 silam, Siemens Healthineers melaporkan penerimaan €14.2 miliar, naik sebesar 2%, berkat perluasan pertumbuhan di Amerika Latin dan Asia, Australia dan stabilisasi tingkat lanjut di China.

7. CARDINAL HEALTH

Cardinal Health adalah perusahaan layanan kesehatan multinasional terintegrasi yang menyediakan produk farmasi, medis, pembedahan, hingga produk laboratorium untuk institusi kesehatan. Cardinal Health memiliki dua segmen bisnis utama: Farmasi – yang menyalurkan obat-obtan bermerk dan generik, farmasi khusus, dan layanan tanpa resep dan produk konsumennya serta menyalurkan produk medis, pembedahan, dan peralatan laboratorium Cardinal Health bermerk di Amerika Serikat. Penjualan Segmen medisnya tumbuh 9% dari total 13.5 miliar Dolar AS pada 2017 lalu.

8. STRYKER

Stryker adalah perusahan perangkat medis asal AS yang khusus menangani Ortopedik, Pembedahan Medis (MedSurg) Neuroteknologi dan Tulang Belakang. Total pendapatan pada 2017 lalu mendekati angka 12.4 miliar Dolar AS.

9. BECTON, DICKINSON (BD)

Bermarkas di New Jersey, AS, aktivitas bisnis BD mencakup pengembangan, manufaktur, dan penjualan serangkaian perlengkapan medis, peralatan dan perlengkapan laboratorium, dan produk diagnostik yang digunakan oleh institusi kesehatan, peneliti sains, laboratorium klinik, industri farmasi, dan produk umum. 2017 lalu, BD penerimaan sebesar 12.1 miliar Dolar AS.

10. BAXTER

Terakhir adalah Baxter, perusahaan perangkat kesehatan asal AS dengan total penerimaan 10.6 miliar Dolar AS pada 2017. Baxter International adalah perusahaan peralatan kesehatan global dengan portofolio luas produk kesehatan esensial. Diantaranya adalah produk terapi dialysis kronis dan akut, solusi intravena (IV) steril, sistem dan perangkat infus, terapi gizi parenteral, anestesi hirup, farmasi injeksi generic, dan produk hemostat dan perekat bedah. Penjualan produk alkes Baxter mencapai 10.6 miliar Dolar AS pada 2017 lalu.