Pemprov Sumsel Datangkan Alat Terapi Cristiano Ronaldo

Tim Sepakbola Sriwijaya FC. Foto: dok. bola.net

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) nampak sangat serius dalam meningkatkan fasilitas olahraga mereka. Setelah mendirikan kompleks Jakabaring Sport City dengan kelas internasional, mereka juga dikabarkan telah menyiapkan fasilitas untuk penyembuhan cedera atlet. Salah satunya adalah dengan mendatangkan alat terapi bernama ice cold chambers yang biasa digunakan untuk proses cryotheraphy.

Alat yang biasa digunakan bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo ini terdiri dari tiga kamar yang berbeda tingkatan dinginnya. Kamar pertama bisa mencapai minus 10 derajat celsius, kemudian kamar kedua minus 45 derajat celsius, dan kamar ketiga minus 110 derajat celsius.

Untuk atlet atau pesepakbola yang melakukan terapi penyembuhan cedera, mereka akan masuk ke dalam tiga kamar tersebut dengan durasi masing-masing satu menit. Selain itu, juga akan dibangun kolam renang air dingin dan panas untuk terapi air.

“Ini awalnya dari musim lalu karena banyak pemain Sriwijaya FC (SFC) yang cedera, kemudian kok penyembuhannya lama. Sehingga dengan adanya alat ini, diperkirakan proses penyembuhan cedera pemain atau atlet itu bisa lebih cepat. Pemain pun nanti kami tes kesehatan di sini sebelum tanda tangan kontrak,” ujar Augie Bunyamin, direktur utama PT Swarna Dwipa.

Nantinya, semua alat tersebut akan ada di Swarna Dwipa Hotel Injury and Therapy yang dibangun di atas lahan seluas 2.800 meter persegi milik Pemprov Sumsel. Di lahan tersebut sebelumnya didirikan mess pemain Sriwijaya FC.