Pemerintah Australia Gelontorkan Dana AU$ 200 Juta Untuk Bantu Pengobatan Pasien Kanker

Ilustrasi. Gambar: BBC

Di negera Australia, hampir 2.000 orang menderita penyakit leukemia, kanker ginjal lanjut, kanker kandung kemih dan kanker hati. Ini membuat pemerintah setempat berupaya menangani hal ini.

Salah satunya adalah dengan menginvestasikan dana lebih dari AU$ 200 juta untuk sebuah terobosan baru dalam sistem pengobatan dan perawatan kanker bernama Pharmaceutical Benefits Scheme (PBS).

Dengan sistem ini, penderita kanker di negara kanguru tersebut bisa mendapatkan pengobatan dan perawatan dengan biaya murah. Kira-kira sekitar AU$ 6,5 saja. Diharapkan keringan ini bisa membantu memperpanjang hidup mereka atau malah bisa menyembukannya dari penyakit ini.

Dihimpun dari beberapa sumber, jenis perawatan yang ditanggung diantaranya Venclexta (venetoclax) untuk leukemia limfositik kronis yang kambuh atau refrakter, terapi kombinasi Opdivo (nivolumab) dan Yervoy (ipilimumab) untuk karsinoma sel ginjal varian sel bening stadium IV, Keytruda (pembrolizumab) untuk lanjut tingkat lanjut atau kanker urothelial metastatik, dan Lenvima (lenvatinib) untuk karsinoma hepatoseluler lanjut.