Pasar Penyewaan Alat Kesehatan Capai Nilai 65.4 Miliar Pada 2026 Mendatang

Ilustrasi: www.dribbble.com

Sebuah perusahaan riset asal india Acumen Research and Consulting, baru-baru ini melaporkan hasil penelitiannya yang memprediksi bahwa pasar penyewaan alat kesehatan (alkes) diperkirakan akan mencapai nilai 65,4 miliar Dolar AS pada 2026 mendatang, dengan perkiraan pertumbuhan sebesar 4.5% CAGR (Compound Annual Growth Rate).

Salah satu hal yang yang menjadi faktor pertumbuhan bisnis penyewaan alkes ini adalah berkembangnya tren home care atau perawatan dan pengobatan pasien dari rumah. Dimana layanan ini menyasar lansia dan penyandang disabilitas. Juga tumbuhnya layanan leasing untuk penyewaan alkes ikut menjadi faktor utama.

Selain itu, adanya perubahan administratif dan regulasi di beberapa negara terkait pembelian alat kesehatan membuat institusi kesehatan lebih senang menyewa alkes saja karena dinilai lebih mudah dan hemat dari segi waktu dan tenaga.

Produk alkes apa sajakah yang akan laku disewakan? Penelitian oleh Acumen ini menyatakan bahwa secara global peralatan bedah, peralatan durable, alat penyimpanan, dan alat transportasi pasien menjadi yang paling diminati.

Peralatan durable diantaranya adalah perangkat mobilitas personal, keamanan kamar mandi, furniture medis, perangkat pemantauan, dan perangkat therapeutic.

Wilayah Amerika Utara sendiri sudah menikmati lonjakan pasar penyewaan alkes ini sejak 2018 lalu dan diharapkan tetap mampu mempertahankannya hingga akhir 2025 mendatang. Kendati begitu, tahun lalu Eropa merupakan wilayah yang berhasil mengumpulkan pundi-pundi terbanyak dari dari bisnis ini.

Kenaikan jumlah penyakit kronis seperti Parkinson, Huntington, dan Atherosklerosis menjadi faktor tumbuhnya bisnis penyewaan alkes di sana. Ada beberapa faktor pendukung lain seperti bertumbuhnya layanan home care dan perkembangan populasi lansia. Institusi pendidikan dan laboratorium penelitian di wilayah tersebut juga terlihat lebih suka menyewa alat dibanding membeli.

Sedangkan performa CAGR terbaik diperoleh kawasan Asia Pasifik, pertumbuhan populasi lansia dan perkembangan aktivitas pemerintahan yang stabil dalam penciptaan iklim ekonomi adalah faktor pendorong penting bagi perkembangan di wilayah ini.

Jika sebuah bisnis bertumbuh, tentunya juga akan ada perusahaan yang menikmati “kuenya”. Untuk penyewaan alkes ini, nama-nama Woodley Equipment Company Ltd., Hill-Rom Holdings, Inc., Westside Medical Supply, Nunn’s Home Medical Equipment, Universal Hospital Services, Inc., dan Siemens Financial Services, Inc dilaporkan menjadi yang paling aktif dan tentu saja berhasil meraih keuntungan secara signifikan.