Pantau Perkembangan Sang Janin dengan Fetal Doppler!

Bagi sang ibu yang sedang mengandung, pasti sangat ingin agar dapat bisa memantau kesehatan dan perkembangan sang janin. Banyak langkah yang dilakukan seperti dengan mengkonsumsi makanan bergizi, minum susu hamil serta melakukan konsultasi dokter setiap bulannya. Salah satu hal yang paling membuat Anda para ibu dan ayah ialah ketika mendengar suara denyut jantung sang buah hati.

Karena suara denyut jantung janin tidak bisa didengar melalui telinga, maka saat sesi konsultasi dengan dokter, Anda akan diberi alat bantu seperti stetoskop. Namun ternyata ada langkah mudah yang bisa dilakukan oleh sang ibu atau ayah yang ingin mendengar suara jantung sang janin yakni dengan menggunakan alat yang bernama Fetal Doppler.

Untuk Anda yang belum tahu, Fetal Doppler atau yang sering juga disebut dengan Baby Doppler atau USG Portable adalah alat yang digunakan untuk mendeteksi detak jantung janin didalam kandungan menggunakan teknologi ultrasound portable. Biasanya alat ini digunakan oleh dokter kandungan ataupun bidan untuk mendeteksi dan menghitung detak jantung janin.

Umumnya pada janin sudah mencapai waktu 6 minggu, Anda sudah dapat mendengar denyut jantung sang janin. Namun untuk dapat terdengar secara jelas, Anda perlu menunggu hingga usia kandungan memasuki minggu ke 10 atau lebih. Dengan menggunakan Fetal Doppler, Anda bisa mendapatkan manfaat seperti memantau kesehatan dan kondisi janin, mempererat ikatan batin dan yang lebih penting adalah dapat memiliki reaksi yang lebih cepat ketika denyut jantung sang janin tidak dalam kondisi normal.