Pengembang Perangkat Wearable KaHa Sukses Raih Pendanaan USD 6.2 Juta

Gambar: www.techcircle.in

KaHa, starup penggembang perangkat wearables asal Singapura, sukses meraih pendanaan Seri B sebesar 6.2 Juta. Pendanaan tersebut dipimpin oleh ICT Fund, Venture Capital yang memang fokus memberikan pendanaan pada startup yang mengembangkan teknologi canggih. Investor yang iut berperan dalam pendanaan ini berasal dari Eropa, namun tidak mau disebutkan namanya.

KaHa menyatakan bahwa pendanaan kali ini akan digunakan untuk penelitian dan pengembangan, serta juga memperluas operasinya di wilayah Asia Pasifik yang memang merupakan pasar perangkat wearable canggih yang paling berkembang saat ini.

Awal tahun ini, KaHa meluncurkan COVE R2C IoT Innovation Lab, laboratorium inovasi dan riset IoT multipartite di one-north Singapura.

KaHa saat ini sedang mengembangkan potensi perangkat wearable canggih yang menggabungkan sektor publik dan swasta. Mitra yang bergabung antara lain lembaga riset Singapura, A*STAR SIMTech, Bridgestone, Curtis Australia, MHA Manufacture de Haute Accesoirie Partners, Tex Line, dan Titan.

Salah satu inovasi KaHa yang berkolaborasi dengan Tex Line dan A*STAR SIMTech adalah membuat Kaos Smart Fitness canggih pertama di dunia buatan Singapura. Dimana memiliki kemampuan untuk memantau langsung ECG, denyut jantung, dan parameter kesehatan lainnya.

Selain perangkat wearable KaHa juga bekerjasama dengan A*STAR Institute of Microelectronics (IME), mengembangkan proof of concept pendeteksi gejala pembengkakan pada pasien medis.

“Misi kami adalah menciptakan lingkungan yang lebih baik dan lebih aman, jadi penting bagi kami untuk mengantarkan teknologi yang inovatif dan relevan kepada kehidupan sehari-hari konsumen. Pendanaan ini akan membantu KaHa menemukan lebih banyak produk andalan yang dapat mendukung kesehatan, kebugaran, olahraga, keamanan, dan kebutuhan pembayaran digital, bersamaan dengan peningkatan keberadaan platform COVE secara internasional dan peningkatan aksesibilitas dan keterjangkauan produk kami,” Ujar Pawan Gandhi, founder dan CEO KaHa.

KaHa didirikan di Singapura pada 2015 lalu dan diklaim sebagai salah satu perusahaan pertama di dunia yang memiliki platform IoT end-to-end untuk perangkat wearable canggih termasuk rancangan elektronik, perakitan papan sirkuit, framework aplikasi untuk iOS dan Android, layanan cloud, data analytics, dan tool canggih layanan purna jualnya.