Ascensia, Aplikasi Pemantau Diabetes Yang Terintegrasi Dengan Apple Health.

mobihealthnews

Aplikasi Ascensia Diabetes Care’s Contour Diabetes – perangkat mobile untuk memantau tren pada level glukosa darah yang terhubung dengan glukometer Countour Next One – mengumumkan update terbaru. Senin kemarin, pengguna iPhone dapat mengirimkan data glukosa darah dan karbohidrat dari aplikasi mereka untuk menyimpan catatan dalam platform Apple Health.

Setelah dikonfirmasi, data yang dikumpulkan melalui aplikasi Ascensia akan terkumpul otomatis di dalam area Glukosa Darah dalam aplikasi Apple Health. Serupa dengan penyimpanan informasi melalui layanan Apple yang dapat diunggah ke layanan Contour Cloud, walaupun Ascensia belum bisa menampilkan data tersebut.

Hingga kini aplikasi Countour Diabetes mendapat rating 2.5 di App Store, dengan banyaknya ulasan pengguna yang menyebutkan rancangan aplikasi masih memiliki banyak kekurangan. Rick Stadterman, kepala divisi Penelitian dan Pengembangan global di Ascensia Diabetes Care, menyatakan justru kritik inilah yang mendorong perusahaan mengupdate layanannya.

“Kami mulai menerima masukan dari pengguna aplikasi Countour Diabetes di kolom ulasan App Store dan media sosial yang menuntut tampilan datanya dapat diakses di Apple Health Kit dan pentingnya data tersebut untuk pengelolaan kesehatannya.” Stadterman juga menyatakan melalui e-mailnya “Jelas sekarang bahwa inilah prioritas para penderita diabetes, jadi kami mengintegrasikannya dengan Apple Health dan meluncurkannya secepat mungkin.”

Manfaat Teknologi

Mendobrak tembok penghalang antara Ascensia dan ekosistem perangkat Apple akan mengurangi hambatan pengguna iPhone dengan diabetes yang mungkin tidak dapat mengakses perangkat yang terhubung dengan glukometer, tambah Stadterman.

“Manfaat bagi pengguna adalah bagi mereka yang sudah sebelumnya menggunakan Apple Health dapat memantau data tingkat glukosa darahnya melalui Countour Next One meter pada aplikasi yang sama.” Jelasnya. “Teknologi ini akan mempermudah pemantauan diabetes dengan menyediakan pengguna opsi untuk menyimpan data tingkat glukosa darah dan karbohidratnya kedalam Apple Health.”

Trend Terkini

Platform pemantau diabetes terintegrasi Ascensia sudah menikmati kemudahan dalam bidang perijinan dan manfaat penggunaan beberapa tahun belakngan ini, dan September lalu mereka menerima dukungan dari hasil studi penelitian independen yang mengunggulkan produk mereka dalam konteks ketersediaan pasar dan perijinan dari FDA. Jadi agak mengejutkan ketika Ascensia tertarik untuk menggabungkan kekuatan dengan Apple, yang sebelumnya sudah melipatgandakan upaya kesehatan mobile nya melalui peluncuran fitur catatan kesehatan pribadinya pada 2018 ini, dan yang terbaru, smartwatch yang terhubung dengan ECG.