Omron HeartGuide, Pengukur Tekanan Darah dan Jantung Berbentuk Jam Tangan

Omron HeartGuide. Foto : Dok. Omron Healtcare

Omron Healthcare, mengumumkan produk terbaru yang tengah dikembangkannya yaitu smartwatch yang juga memiliki fungsi untuk memonitor tekanan darah dan kesehatan jantung penggunanya. Sebelumnya, perangkat ini bernama Proyek Zero, tapi saat ini Omron memberinya nama Omron HeartGuide dan dijadwalkan memasuki pasar akhir tahun ini.

Di antara fitur utama HeartGuide adalah tali jam yang bersifat sintetis fleksibel. Berfungsi sebagai pembaca tekanan darah penggunanya, namun didesain tetap nyaman pada pergelangan tangan. Perangkat ini juga dilengkapi software yang diprogram untuk melakukan pembacaan tekanan darah di malam hari. Data ini kemudian dituangkan ke dalam aplikasi smartphone, dan bisa dibagikan dengan dokter Anda.

“Selama tahun lalu kami telah bermitra dengan peneliti medis untuk membuat kemajuan signifikan atas purwarupa yang kami tunjukkan tahun lalu. Kami juga telah bekerja keras untuk memastikan desain, akurasi, kenyamanan, dan teknologi pada perangkat ini jauh lebih baik dari sebelumnya. ” Ungkap Ranndy Kellogg, Presiden dan CEO Omron Healthcare, pada perhelatan Kesehatan Digital CES 2018.

Nantinya perangkat ini akan tersedia dalam tiga ukuran – kecil, menengah, besar – dengan media berukuran 46mm. HeartGuide juga memiliki banyak fitur layaknya perangkat smartwatch lain seperti notifikasi, pelacakan langkah dan tidur.

Rencannya, pihak Omron akan menyerahkan HeartGuide kepada FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat) pada bulan Maret dan berharap bisa tersedia di pasaran akhir musim gugur tahun ini, dan dianderol dengan harga USSD 350.