Rancangan Interior Unik Ramah Anak Pada Fasilitas Pemulihan Kanker Belanda

kompas.com

Perusahaan Belanda MMEK merancang desain interior unik dan ramah anak bagi fasilitas pemulihan dan riset kanker anak-anak.

The Princess Maxima Center di Utrecht, Belanda, mengincar masuk dalam daftar lima besar lembaga penelitian onkologi pediatrik terbaik dunia. Untuk mewujudkannya, pusat penelitian dan rehabilitasi ini kemudian merancang interior gedung yang mampu menstimulasi perkembangan kognitif, sosio-emosional, dan motorik pasien kanker yang sedang dalam usia pertumbuhan.

“Identitas dari Princess Maxima Center diekspresikan di dalam seluruh elemen interior,” ujar perwakilan MMEK.

Desain interior yang dirancang oleh MMEK mendorong anak-anak untuk terus bergerak dan beraktivitas. Selain itu, fasilitas ini juga menyediakan ruang khusus bagi anak-anak untuk bermain dan mengeksplorasi lingkungannya.

Meski begitu, firma ini juga menyediakan ruang yang sehat dan aman baik bagi pasien maupun keluarga. Tujuan dari desain ini adalah agar anak-anak yang berada di fasilitas ini merasa normal dan sehat.

“Seluruh ruangan, furnitur, dan mainan anak-anak merupakan bagian dari desain. Interior gedung dirancang dengan bentuk yang seragam, yang dapat dikenali di seluruh penjuru gedung, sehingga menjadikannya lingkungan yang akrab dan mudah dipahami,” imbuh MMEK. Desain interior yang dirancang oleh MMEK mendorong anak-anak untuk terus bergerak dan beraktivitas.

Salah satu bagian yang paling unik dari fasilitas pemulihan ini adalah taman dengan bentuk berkelok-kelok. Taman ini dirancang untuk melintasi setiap ruang di dalam fasilitas ini.

Rancangan unik taman ini memang bertujuan untuk membebaskan anak-anak untuk bermain di seluruh lingkungan gedung. Bahkan pasien dengan kondisi fisik yang kurang juga dianjurkan untuk berativitas di tempat ini.