Micra TPS Raih Lulus Uji Standar Pemerintah Jepang

Micra Transcatheter Pacing System (Micra TPS), Sumber Gambar: Medtronic.com

Micra Transcatheter Pacing System (Micra TPS), alat pacu jantung tanam besutan Medtronic Company dikabarkan baru saja mendapat persetujuan dan lulus uji standar dari badan pengawasan obat dan alat kesehatan pemerintah Jepang. Persetujuan ini berdasarkan pada hasil positif atas pengujian yang dilakukan kepada 744 pasien di 56 rumah sakit di 19 negara.

Berbeda dengan alat pacu jantung kebanyakan, Micra TPS memiliki ukuran sangat kecil. Bahkan digadang-gadang sebagai alat pacu jantung terkecil di dunia. Pun dengan cara penggunaannya. Alat pacu jantung konvensional biasanya diletakkan di atas dada namun alkes yang memiliki bentuk seperti kapsul ini ditanamkan langsung ke jantung pasien. Hal ini diklaim dapat  menghilangkan risiko interaksi listrik pada tubuh pasien.

Wakil Presiden Medtronic John Liddicoat mengatakan bahwa Medtronic sangat tertarik untuk bekerjasama dengan pihak pemerintah Jepang guna memberikan maanfaat Micra TPS bagi pasien-pasien rumah sakit negara tersebut. “Kami berharap dapat bekerja sama dengan Departemen Kesehatan Jepang sehingga pasien dapat memperoleh akses ke teknologi inovatif ini secepat mungkin,” ucap John.

Pada April tahun lalu, Micra TPS juga telah mendapat persetujuan dan lulus uji standar dari pihak pemerintah Amerika Serikat melalui badan Food and Drug Administration (FDA).