Menkes: Biaya Perawatan Pasien Suspect Virus Corona Ditanggung Kemenkes

Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto menjamin bahwa biaya perawatan medis bagi pasien suspect virus Corona (2019-nCov) akan ditanggung sepenuhnya oleh anggaran di Kementerian Kesehatan (Kemenkes), termasuk warga negara Tiongkok tang tinggal di Indonesia.

“Jadi begini, untuk Corona ada sendiri anggaran dari kementerian kesehatan. Daripada bikin pusing, pembayaran 19 juta (peserta BPJS Kesehatan) aja tadi pake diskresi, nanti tambah diskresi,” kata Menkes Terawan seperti MedX kutip dari situs SindoNews.

Menurut Terawan, yang penting jelas dan Kemenkes memang memiliki anggaran untuk kondisi yang seperti ini. Jadi, dirinya meminta masyarakat untuk tidak khawatir

“Dan nggak usah khawatir, makannya semua yang kita rawat itu mereka tenang,” tegasnya.

Soal ditanya jumlah anggarannya, mantan Kepala RSPAD ini mengaku tidak hafal jumlahnya, yang jelas dia memastikan bahwa mata anggaran untuk kondisi seperti ini ada dan anggarannya berasal dari DIPA (daftar isian penggunaan anggaran).

“Saya sebagai Menteri Kesehatan sudah memperkirakan kalo akan ada hal-hal yang akan terjadi, maka ada anggarannya. Dan, loh kok terjadi? Yo tenang saja karena kita sudah planning kan dengan baik,” tutupnya.