StealthStation ENT, Alkes Dengan Teknologi Pelacakan Elektromagnetik

Perangkat StealthStation ENT. (Gambar: medgadget.com)

Medtronic resmi meluncurkan produk terbarunya yaitu sistem navigasi bedah StealthStation ENT untuk pengobatan telinga, hidung, dan tenggorokan (THT).

Alat kesehatan ini ini menggunakan teknologi pelacakan elektromagnetik yang bekerja dengan menghasilkan medan elektromagnetik di sekitar anatomi pasien target selama operasi sehingga dapat dilacak secara dinamis sepanjang prosedur, serupa dengan sistem GPS untuk mobil.

StealthStation THT menampilkan fitur “Endoskopi Virtual” yang mampu menampilkan citra rongga sinus yang seharusnya tidak dapat dilalui dengan metode endoskopi yang ada sekarang. Hal ini dapat mempermudah dokter THT untuk melakukan prosedur pengobatan yang sulit. Selain itu, Endoskopi Virtual dapat diisi dengan data pra-operasi pasien sehingga dokter bedah dapat melakukan operasi individu sebelum memasuki ruang operasi.

“Penggunaan operasi intraoperatif yang menggunakan teknologi komputer sangat membantu ahli bedah dalam mengklarifikasi anatomi kompleks selama operasi dasar sinus dan tengkorak, hal ini memberikan tingkat kepastian tambahan dan memungkinkan prosedur sinus lebih menyeluruh.” kata Joseph Raviv, M.D., direktur Endoskopi Sinus dan Bedah Tengkorak di NorthShore University HealthSystem Chicago.

Satus set perangkat StealthStation ENT ini mencakup pemancar yang dapat ditempatkan di bawah kepala pasien dan layar sentuh 27 inci beresolusi tinggi dengan tampilan antarmuka pengguna yang dapat diatur sesuai kebutuhan.

“Tujuan kami adalah untuk memperbaiki hasil bagi pasien THT dengan menghadirkan produk dan solusi inovatif dan terdepan,” pungkas Vince Racano, wakil presiden dan manajer umum unit bisnis THT Medtronic.