spot_img

Mengenal Ragam Alat Kesehatan Non Elektromedik

Terdapat berbagai macam jenis alat kesehatan dan fungsinya. Dalam kompendium Kemenkes RI disebutkan beberapa kategori alat kesehatan, yaitu alat kesehatan elektromedik, non elektromedik dan produk diagnostik invitro. Pada artikelĀ  kali ini, MedX akan membahas tentang alat kesehatan non elektromedik.

Alat kesehatan non elektromedik cara kerja dan penggunaannya tidak menggunakan aliran listrik dan alat ini adalah kebalikan dari alat elektromedik yang cara kerjanya harus menggunakan aliran listrik untuk dapat berfungsi.

Alkes jenis ini sangatlah mudah untuk kita temukan. Seluruh rumah sakit dan klinik baik yang berskala besar maupun kecil pasti memiliki alat-alat ini. Walau begitu, peralatan kesehatan ini tetap tidak diperjualbelikan sembarangan karena khawatir akan disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Misalnya adalah syirnge, alat ini berfungsi untuk menyuntikan cairan kimia ke dalam tubuh. Hal ini sangat berbahaya jika dipakai secara berulang-ulang karena dapat menyebarkan virus dan penyakit menular.

Alat kesehatan jenis ini dibagi lagi menjadi dua kategori, yaitu:

Alat kesehatan non elektromedik Steril. Adalah alat yang penggunaannya tidak memerlukan sumber listrik AC atau DC dan mengalami proses sterilisasi pada proses produksinya dan produknya steril, contoh: jarum suntik, kasa steril, benang bedah, IV catheter dan infuse set dan lain-lain.

Alat kesehatan non elektromedik non steril. Adalah alat yang penggunaannya tidak memerlukan sumber listrik AC atau DC dan produknya tidak steril contoh: plester, instrument bedah, timbangan bayi, kursi roda manual dan lain-lain.

Related Articles

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Media Sosial

9,800FansLike
7,250FollowersFollow
BERLANGGANAN NEWSLETTER GRATIS
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
Join over 3.000 visitors who are receiving our newsletter and learn how to optimize your blog for search engines, find free traffic, and monetize your website.
We hate spam. Your email address will not be sold or shared with anyone else.

Pilihan Redaksi

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x