GE Healthcare Luncurkan Teknologi Untuk Mengontrol Keberadaan Aset dan Inventaris Rumah Sakit

GE Healthcare resmi memperkenalkan Encompass, sebuah teknologi pelacak nirkabel yang berguna untuk melacak dan mengawasi secara real time keberadaan aset dan inventaris bergerak milik rumah sakit. Produk ini merupakan pengembangan bersama antara GE Healthcare dan Zebra Technologies, sebuah perusahaan solusi IT.

Menurut pihak GE, mereka menemukan fakta bahwa aset klinis di rumah sakit sering hilang atau dicuri. Sekitar USD 4.000 hilang per ranjang rumah sakit setiap tahun, yang merupakan jumlah yang signifikan karena rumah sakit berukuran sedang adalah 250 sampai 500 tempat tidur.

Encompass dibangun dengan standar terbuka dan teknologi Low Energy nirkabel yang menggunakan jaringan Wi-Fi rumah sakit yang ada. Hal tersebut diklaim dapat menghemat 8 sampai 12 minggu masa instalasi dibanding sistem RTLS konvensional.

“Teknologi lain itu membutuhkan banyak infrastruktur dan pemasangan kabel, tapi ini berjalan sangat cepat, kami telah memasang ini di sebuah rumah sakit dengan 150 tempat tidur dalam waktu kurang dari tiga hari,” kata Jason Schneck, General Manager Pemasaran GE Healthcare.

Selain itu, Encompass bekerja pada komputasi awan, jadi setiap anggota staf yang berwenang dapat mengaksesnya dari komputer atau perangkat mobile manapun yang terhubung ke internet.

Sekarang mereka tahu jika mereka membutuhkan sesuatu, mereka dapat menggunakan aplikasi di telepon mereka dan tahu persis di mana tempatnya, ” lanjut Schneck.

Karena Encompass adalah platform terbuka, perusahaan pihak ketiga dapat mengembangkan aplikasi mereka sendiri untuk digabungkan ke dalamnya. Misalnya, aplikasi dapat dirancang untuk melacak pasien atau mengelola tempat tidur.

GE telah memasang Encompass di tiga rumah sakit dan mengumpulkan data pengujian beta untuk menilai dampaknya terhadap biomedis dan perawat dan memvalidasi keakuratannya. Perusahaan ini memiliki sekitar 14 instalasi lagi yang direncanakan untuk kuartal berikutnya.