Manfaat JKN-KIS Yang Dirasakan Warga Pedalaman

bpjs-kesehatan.go.id

Cobaan berupa penyakit bisa mendera siapa saja di wilayah manapun. Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan telah banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Salah satunya yang dirasakan oleh Nasrudin Kamarullah yang menderita penyakit tumor ganas.

Nasrudin, seorang warga Halmahera Selatan mengatakan bahwa sejak didiagnosa mengidap tumor ganas, ia dan keluarga merasa resah karena di tempatnya tinggal, wilayah Gane Timur Halmahera Selatan tidak ada rumah sakit. Hanya ada Puskesmas saja. Bukan hanya karena diagnosis tersebut, namun Nasrudin juga mengkhawatirkan kemungkinan biaya yang dibutuhkan untuk merawat penyakitnya tersebut.

Nasrudin pun sempat mengemukakan kekhawatirannya terkait dengan penyakit yang dideritanya tersebut: “Saya sangat khawatir dan hampir putus asa, karena saya tahu biaya yang yang akan dikeluarkan untuk pengobatan di Ternate pasti sangat mahal. Jangankan berobat, untuk biaya hidup seperti makan dan sekolah anak saja sudah tidak cukup, apalagi harus berobat keluar daerah. Karena semenjak mengidap penyakit, saya tidak boleh lagi melakukan aktivitas yang berat, jadi hanya bisa membantu istri berjualan di rumah,” ungkap Nasrudin ketika diwawancarai oleh tim Jamkesnews, Minggu 11 November kemarin.

Namun secercah harapan muncul ketika Nasrudin memperoleh kartu JKN-KIS dari Pemerintah Daerah yang direkomendasikan perangkat desa. Setelah beberapa kali berobat di Puskesmas tidah kunjung sembuh dan tidak ada perubahan, akhirnya dengan bantuan warga dan petugas Puskesmas, Nasrudin pun dirujuk ke RSUD Chasan Boesorie Ternate.

“Saya begitu sampai di Ternate langsung dioperasi, dan dokter mengatakan setelah operasi nanti saya akan menjalani Kemoterapi agar sel tumor tidak naik kembali. Total saya telah 3 kali operasi dan 4 kali kemoterapi. Sejak awal saya menggunakan kartu JKN-KIS sehingga tidak diminta biaya sedikit pun. Saya berterima kasih sekali kepada BPJS Kesehatan karena Program JKN-KIS yang diselenggarakan berjalan dengan baik dan sangat membantu orang-orang yang membutuhkan seperti saya,” ujar Nasrudin bersungguh-sungguh.

Nasrudin menambahkan, Program JKN-KIS ini manfaatnya dapat dirasakan sampai ke pelosok daerah seperti tempat tinggalnya. Namun Nasrudin juga mengingatkan bagi peserta JKN-KIS yang masih diberi kesehatan selalu membayar iuran tepat waktu agar program ini dapat terus berjalan dan membantu orang-orang yang membutuhkan.