Kolaborasi RSCM dan PLN Bantu Korban Gempa Lombok

Foto : Tribun News

PT PLN (Persero) menggandeng Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) untuk memberikan bantuan kesehatan fisik dan psikis ke korban gempa bumi Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Manager Senior CSR PLN Ida Zubaidah mengungkapkan kegiatan merupakan bagian dari program PLN Peduli. Dari kegiatan ini diharapkan dapat membantu masyarakat Lombok memperoleh pelayanan medis.

“Kegiatan ini kelanjutan program kami, wujud kepedulian PLN, sejak awal gempa kami sudah turun mulai dari kelistrikannya, kami buka dapur umum selain melayani tim kita juga layani masyarakat, kami juga evakuasi korban membersihkan puing,” ujar Ida beberapa waktu lalu.

Kerjasama PLN dengan RSCM sendiri diwujudkand dengan diturunkannya tenaga medis dan tim dokter RSCM untuk memulihkan kondisi kesehatan korban pasca bencana gempa bumi, baik dari sisi psikis maupun fisik. Sedangkan bantuan dari PLN berupa pemberian alat kesehatan standar dan obat-obatan di 10 Pusat Kesehatan Masyarakat.

Sementara itu, Direktur Utama RSCM, dr Lies Dina Liastuti, menambahkan bahwa program ini dilakukan juga untuk membangkitkan semangat tenaga medis lokal.

“Kami ingin membangkitkan kembali semangat rasa trauma tenaga kesehatan, ada puskesmas yang ambruk, itu seharusnya mereka juga ditolong tapi harus menolong orang lain,”‎ jelas Lies.

Lies melanjutkan, dengan diterjunkannya Tenaga medis dari RSCM tersebut, bisa memberikan kesempatan beristirahat bagi tenaga medis lokal yang sudah memberikan pelayanan ke masyarakat sejak awal terjadi gempa pada akhir Agustus 2018