Klinik Mata Aini Resmi Menjadi Bagian Dari RS Jakarta

Klinik Mata Jakarta Aini dibuka secara resmi di Rumah Sakit Jakarta. Foto: Republika

Setelah tutup sejak 21 Desember 2019, Rumah Sakit Mata Aini kini bertransformasi menjadi Klinik Mata Jakarta Aini (KMJA). Dan pada Rabu (22/1), telah resmi menjadi bagian dari Rumah Sakit Jakarta.

CEO RS Jakarta Heru Prananto mengatakan bahwa KMJA nantinya diharapkan menjadi pusat edukasi dan informasi mata untuk masyarakat Ibu Kota. Serta bisa menjadi rujukan pasien berbagai rumah sakit. Tidak hanya Jakarta, tapi juga kota lainnya di seluruh Indonesia.

“Kami harap klinik mata ini bisa meningkatkan kunjungan dan melayani masyarakat Jakarta khususnya dan Indonesia,” sebut Heru dseperti MedX kutip dari situs Republika.

Heru melanjutkan, bergabungnya KMJA merupakan sejarah untuk RS Jakarta. Sebab, sebelumnya RS Jakarta belum memiliki fasilitas klinik mata yang lengkap.

“Ini bukan layanan baru, sebelumnya ada poli mata dengan dua spesialis, lalu dikembangkan menjadi layanan lebih besar,” jelas Heru

KMJA didukung oleh 31 dokter spesialis dan subspesialis dari sembilan disiplin ilmu kesehatan mata. KMJA memiliki dokter subspesialis terdiri dari vitreo retina, kornea dan bedah refraktif, glaukoma, oftamologi pediatrik dan starbusmus, neuro-oftamologi, tumor mata, infeksi imunologi, okuplasti dan rekonstruksi, serta refraksi dan lensa kontak.

Sementara untuk biaya pemeriksaan di KMJA ini harga tergantung dari permasalahan mata yang dialami masing-masing pasien. Untuk konsultasi mata dengan dokter mata dan juga pemeriksaan umum, biayanya mulai dari Rp 420 ribu. Untuk kasus mata lainnya pembiayaan sesuai masalah mata pasien.

Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan, Muhammad Helmi, mengatakan di Jakarta Selatan ada kurang lebih 50 rumah sakit dari berbagai tipe. RSUD ada 7 di tiap kecamatan. Sedangkan yang belum memiliki fasilitas ini adalah kecamatan Setia Budi, Kecamatan Cilangkap dan Pancoran.

Dari tujuh RSUD, awalnya tipe D sudah naik kelas menjadi tipe C beberapa bulan lalu. Dengan adanya penambahan fasilitas kesehatan Klinik Mata Jakarta Aini, diharapkan pelayanan kesehatan lebih mudah diakses dan bermutu terutama untuk warga Jakarta Selatan.