Alokasikan Dana 15 M, Pemkot Balikpapan Bangun Tiga Puskesmas

Kota Balikpapan. Foto : Transonlinewatch.com

Pemerintah Kota Balikpapan tahun ini membangun tiga Puskesmas yang berada di daerah pinggiran kota yakni Kelurahan Lamaru, Kelurahan Margomulyo serta puskesmas Telaga Sari.

Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan bersama pemkot Balikpapan mengalokasikan anggaran sekitar Rp15 miliar pada tahun anggaran 2018 ini.

“Puskesmas Lamaru kita akan jadikan puskesmas pendukung pariwisata karena berada dekat dengan wisata pantai Manggar. Disana anggaran sekitar Rp10 miliar karena kita lakukan penutupan lahan. Itu yang besar,” jelas Kepala DKK Balikpapan Balerina.

Menurutnya penambahan fasilitas kesehatan di kelurahan Lamaru menjadi prioritas pembangunan yang dilakukan Pemkot Balikpapan. Karena selama ini masyarakat mengandalkan puskesmas Manggar.

“Puskesmas sudah ada tapi kita bangun tingkat kan yang ada ini sempit,” katanya.

Diakui fasilitas kesehatan yang ada di Lamaru belum sesuai standar sehingga perlu dilakukan peningkatan.

“Sosialisasi pembangunan dilakukan tahun ini dengan anggaran yang dikeluarkan sekitar Rp10 miliar,” ungkapnya.

Balerina menambahkan anggaran sebesar itu di luar dari pengadaan alat kesehatan dan merupakan usulan dari Dinas Kesehatan. “Belum termasuk kalau SDM ya masih cukup,” tambahnya.

Lanjutnya Puskesmas Lamaru menjadi fasilitaas kesehatan paling besar. Tujuannya selain untuk warga sekitar juga bagi pengunjung pantai wisata.