Kemenkes Dorong RS Swasta Tingkatkan Kualitas Tenaga Kesehatan

tribunnews

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mendorong agar rumah sakit swasta memiliki pusat pelatihan tenaga kesehatan sendiri. Hal ini dikarenakan selain fasilitas terapi yang canggih, rumah sakit juga harus didukung dengan sumber daya manusia yang mumpuni, terutama para perawat.

Mengingat tidak semua perawat di seluruh Indonesia memiliki kemampuan yang setara dalam melayani pasien, Kemenkes menyarankan rumah sakit swasta untuk menyediakan pusat pelatihan bagi para tenaga kesehatan, termasuk perawat, sehingga dapat mempersiapkan mereka lebih baik untuk melayani pasien.

Hal ini disampaikan Drs. M. Royan, M. Kes selaku Kepala Bidang Pengendalian Mutu Pelatihan PPSDM Kemenkes RI dalam peresmian pusat pelatihan Siloam Training Centre (STC) di Kampus Kedokteran Universitas Pelita Harapan (UPH) Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Senin 27 November kemarin.

“Dengan hadirnya fasilitas training centre diharapkan lebih banyak lagi tenaga kesehatan yang dapat dilatih dan dipersiapkan untuk menjadi profesional yang handal dan kompeten dalam menjalankan pelayanan kesehatan di Indonesia,” ujar Royan.

Di Indonesia sendiri, Royan menambahkan, baru ada tiga pusat pelatihan di rumah sakit milik pemerintah. Ia berharap rumah sakit swasta bisa mendukung pemerintah dengan menghadirkan pusat pelatihan di masing-masing rumah sakit.

Dalam kesempatan yang sama, Deputy President Director Siloam Hospitals Caroline Riady mengatakan Siloam Hospitals Group secara resmi membuka Siloam Training Center (STC), fasilitas pusat pelatihan yang diperuntukkan bagi tenaga kesehatan Indonesia.

Sebagai pusat pelatihan sumber daya manusia (SDM) yang bekerja sama oleh Pusat Pelatihan Sumber Daya Manusia Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, STC, kata dia, tidak hanya diperuntukkan melatih tenaga kesehatan di jaringan Siloam Hospitals Group, namun juga terbuka untuk rumah sakit lainnya.

“Kami harap keberadaan STC tidak hanya berdampak pada standar pelayanan kesehatan di Siloam Hospitals Group, tetapi juga turut mendukung pelayanan kesehatan yang bermutu di seluruh Indonesia,” ujar Caroline.

Berlokasi di Gedung Fakultas Kedokteran Universitas Pelita Harapan Lantai 10, Lippo Village, Tangerang, STC menyediakan program pelatihan yang didukung oleh fasilitas ruang kelas memadai, pengajar yang kompeten, serta materi pelatihan berdasarkan evidence-based practice dan pelatihan kurikulum standar oleh PPSDM Kemenkes RI.

STC juga menyediakan fasilitas ruang simulasi berupa mini hospital Iayaknya rumah sakit sebenarnya, yang terdiri dari area registrasi, rawat jalan, rawat inap, Intensive Care Unit (ICU) & Neonatal Intensive Care Unit (NICU), ruang operasi termasuk ruang persiapan operasi dan ruang pulih sadar, emergency unit (IGD), ruang resusitasi, ruang observasi, serta ruang bersih dan persiapan obat, termasuk ruang pencampuran kemoterapi.