Kemenhub Akan Kirim Kapal Rumah Sakit Ke Sejumlah Pulau Terluar

Menteri perhubungan Budi Karya. Foto: Tribunnews.com

Kapal laut biasanya merukan sarana transportasi untuk mengangkut penumpang dari satu pulau ke pulau lain. Namun dewasa ini banyak pihak yang menajadikannya juga sebagai “rumah sakit” terapung. Biasanya melayani penduduk yang tinggal jauh dari fasilitas rumah sakit.

Terkait hal itu, Kementerian Perhubungan RI sepanjang tahun ini berencana untuk mengirim enam hingga sembilan unit kapal ‘rumah sakit’ ke sejumlah pulau di provinsi Kepulauan Riau, Jawa Timur, dan Papua. Nantinya, kapal ini akan menghampiri masyarakat pulau-pulau terluar yang butuh layanan kesehatan.

“Jadi kapal-kapal ini akan keliling mengantar penumpang, sambil juga memeriksa pasien. Saya kira ini hal yang cukup baik,” jelas Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Budi melanjutkan, pemberian kapal tersebut muncul kala ia melakukan rapat koordinasi bersama Menteri Kesehatan Nila Moeloek dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa akhir pekan ini.

Dalam rapat tersebut, dirinya baru mengetahui bahwa masyarakat di kepulauan Madura Timur membutuhkan layanan kesehatan. Namun, tidak ada satu pun fasilitas kesehatan yang terdapat di sana. Karena itu, rencananya dua unit kapal rumah sakit akan berlabuh di Pelabuhan Kalianget, Sumenep, Jawa Timur setelah Idul fitri.

Sedangkan kapal yang digunakan nantinya adalah berjenis kapal rede yang mampu menampung penumpang hingga 50 orang.