Gel Injeksi Unik Untuk Prosedur Brakiterapi Servikal

medgadget

Tim ahli kimia polimer Virginia Tech dan onkologis klinik University of Virginia, bekerjasama menciptakan gel khusus untuk mengurangi rasa sakit yang disebabkan brakiterapi kanker servikal. Terapi ini menempatkan sumber radioaktif didekat lokasi tumor, yang akan membunuh sel kanker. Kain kasa ditempatkan dalam vagina untuk membantu saat pendarahan dan efek samping lainnya, dan matinya sel kanker akibat terapi ini menghasilkan rasa sakit.

Gel khusus ini dirancang untuk menggantikan kain kasa dengan sesuatu yang lebih lembut, dan gel biocompatible ini sangat lembut, halus, dan nyaman. Gel baru dari tim peneliti Virginia ini sebagian besar dibuat dari baking soda dan semacam enzim pencernaan, dan segera terbentuk setelah bahan diinjeksikan ke dalam tubuh. Bahan tersebut, bersamaan dengan kelembaban tubuh, akan berpadu saat reaksinya membentuk ikatan yang menghasilkan gel dari bahan yang dimasukkan.

Gel harus terbentuk sebelum brakiterapi untuk mengisolasi tumor dan melembutkan jaringan terdekat selama dan sesudah prosedur penanganan. Sejauh ini prosedur sudah diuji dalam jenazah manusia dan studi pre-klinis akan menjadi langkah selanjutnya sebelum wanita penderita kanker servikal dapat mengujinya secara aman selama prosedur penanganannya.