Kacamata EnChroma, Solusi Untuk Penyandang Buta Warna

Apa jadinya ketika orang-orang yang selama ini menyandang buta warna bisa melihat seluruh warna dengan lengkap untuk pertama kalinya? Seperti menemukan sesuatu yang baru dalam hidup, pastinya.

Hal tersebut dapat terwujud dengan kacamata EnChroma, solusi untuk penderita buta warna. Dengan menggunakan alat yang ditemukan oleh seorang ahli bedah mata asal Amerika Serikat ini, para penyandang buta warna pun bisa melihat warna-warna yang mungkin selama ini hanya bisa mereka dengar tanpa tahu seperti apa warna aslinya. Bagaimana cara alat ini bekerja sehingga bisa menghasilkan efek yang sedemikian hematnya?

Kita bisa melihat cerahnya warna-warni lingkungan sekitar karena mata kita memiliki reseptor warna yang disebu sel kerucut (cone cells). Mata yang sehat dan normal memiliki sel kerucut yang bisa menangkap tiga pigmen utama warna: pigmen merah, hijau dan biru.

Untuk mereka yang menderita buta warna, salah satu sel kerucut pada mata tidak berfungsi sebagaimana mestinya, sehingga mereka tidak mampu membedakan warna dengan benar. Pada kebanyakan kasus buta warna, kerusakan terjadi pada sel kerucut merah atau hijau, menyebabkan penderitanya kesulitan membedakan berbagai macam warna. Selain itu, pada beberapa kasus sel kerucut akan menangkap warna dengan spektrum yang tumpang tindih.

Inti dari kemampuan EnChroma adalah, mampu membantu fungsi sel reseptor mata yang rusak. Kacamata itu memiliki filter yang bisa menangkap cahaya dimana spektrumnya saling tumpang tindih.

Perbedaan kacamata EnChroma dengan kacamata pada umumya adalah dari lensanya yang lebih keras serta tahan terhadap goresan. Kacamata ini juga telah dilengkapi oleh fitur color correction yang hanya mampu bekerja pada sinar cahaya yang terang.

Kendati begitu, Jay Neitz, seorang ahli mata dan profesor oftalmologi di University of Washington, mengingatkan bahwa kacamata EnChroma tidak bisa menyembuhkan buta warna. Sama halnya dengan fungsi kacamata untuk membantu penderita rabun jauh melihat lebih jelas, kacamata EnChroma hanya membantu para penderita buta warna untuk melihat dan membedakan warna.