Ini Teknologi Pemeriksaan Mata Terbaru Yang Diloloskan FDA Dari RightEye

Mobihealthnews.com

Vendor RightEye dari Maryland kini mendapatkan pengesahan atas softwarenya yang akan membantu petugas klinis memeriksa kemampuan membaca, kesehatan otak, dan fungsi pengelihatan.

Bethesda, sebuah rintisan dari RightEye berhasil meraih skor pengesahan FDA 510 (k) untuk sistem dan software pelacak mata berbasis cloud terbarunya. Teknologi ini dirancang untuk membantu mengenali penurunan fungsi pelacakan penglihatan dengan mencatat, memantau, dan menganalisa mata pasien.

Sistem ini membidik 4 target: pemeriksaan fungsi penglihatan, penilaian membaca, pemeriksaan dan pelatihan olahraga penglihatan, dan kesehatan otak.

Pemeriksaan fungsi penglihatan bertujuan membantu kemampuan professional seperti mengendarai mobil atau tetap seimbang saat menaiki tangga. Penilaian membaca akan membantu anak melihat dan melaporkan beberapa pengukuran termasuk pergerakan mata, binokuleritas, motilitas lensa mata, persepsi kedalaman, metode membaca, dan pemahaman membaca.

Komponen kesehatan otak dirancang untuk menyediakan informasi bagi pasien tentang aktivitas otak dan mengenali kemungkinan potensi masalah neurologis. Pengujian akan melihat pergerakan vertikal mata, waktu pemilihan reaksi dan waktu diskriminasi reaksi, sama halnya pada pergerakan melingkar, mendatar, atau membujur lainnya.

Sedangkan bagian olahraga penglihatan EyeQ akan memeriksa dan menganalisa penandaan visual pada atlit olahraga, dengan tujuan meningkatkan kinerja atlit amatir dan professional.

Pentingnya teknologi ini

Teknologi ini dirancang untuk mengenali beberapa kondisi yang terkadang sulit diketahui. Misalnya, 50 persen gangguan penglihatan pada anak sulit didiagnosa karena seringkali dianggap sama dengan disabilitas membaca. Kemiripan ini termasuk gangguan huruf terbalik, bentuk tulisan buruk, pemahaman rendah dan kesulitan fokus membaca.

Pada area tertentu, seperti tes fungsi otak, perusahaan menyatakan “Belum pernah ada alat pengukur pelacakan mata dengan presisi tinggi.” Dan teknologi ini diklaim sebagai yang pertama. Metode saingan dari teknologi ini hanyalah tes pelacakan jari klasik.

Tren sejauh ini

RightEye sudah berkecimpung dalam bidang kesehatan digital selama lebih dari setengah decade. Menurut Crunchbase perusahaan sudah menggalang dana sekitar $10.4 juta.

2016 lalu korporasi ini bahkan melebarkan sayap dengan berhasil mendapat hak eksklusif untuk dua pengujian pergerakan mata. Satu adalah membantu dokter mengenali tahap awal autism pada balita usia 12 sampai 40 bulan, dan metode lain adalah untuk mengenali gejala Parkinson di segala usia.

Kemudian, Juni 2017 lalu mereka meluncurkan game MazeMaster, yang dirancang untuk meningkatkan control oculomotor pada anak dengan gangguan membaca.

Catatan kecil

“Kami senang menerima pengesahan dari FDA.” Ujar salah satu pendiri dan CEO RightEye, Adam Gross.

“Ini adalah titik kulminasi dari penelitian ilmiah bertahun-tahun, pengembangan produk, dan kerja keras bertahun-tahun kami yang akan membawa kita kepada pencapaian penting. RightEye berkomitmen untuk menyediakan solusi pelacakan mata yang inovatif dan telah terbukti untuk membantu praktisi medis membedakan dan melebarkan prakteknya bersamaan dengan mengubah kualitas kehidupan pasien melalui kesehatan dan kesejahteraan yang lebih baik.”

“Dengan kelanjutan penemuan pada bidang teknologi pelacakan mata, kami akan memajukan ilmu pengetahuan dan menemukan solusi dan penerapan baru yang akan menguntungkan pasien dan juga dokter.”