Ini Kabar Terbaru Proyek Alat Kesehatan Besutan Nintendo

Sumber gambar : androidcommunitty.com

Nintendo, perusahaan asal Jepang yang terkenal luas dalam sektor hiburan dan video game ternyata memiliki proyek alat kesehatan yang tidak banyak diketahui orang yaitu Quality of Life (QoL).

Hal tersebut pernah diumumkan Nintendo pada 2015. Namun hingga kini masih tidak jelas nasibnya. Bahkan di bulan Agustus 2015 lalu beredar kabar bahwa proyek tersebut sebenarnya telah ditinggalkan mengingat mereka sedang fokus menggarap berbagai produk-produk andalannya seperti konsol Nintendo Switch dan game Mario Runner.

Namun dalam laporan tahunan untuk periode fiskal 2017, terungkap bahwa pengembangan proyek QoL masih digarap. Nintendo pun memaparkan bahwa inisiasi produk anyar untuk meningkatkan kualitas hidup manusia digarap dengan cara yang menyenangkan.

“Sasaran kami adalah untuk memungkinkan konsumen dalam beraktivitas sehari-hari dan meningkatkan kualitas hidupnya dengan cara yang menyenangkan dengan membuat status tidur dan tingkat kelelahan terpapar jelas dan menawarkan layanan bervariasi berbasis informasi,” jelas salah satu sumber yang tidak disebutkan namanya sebagaimana MedX kutip dari Gamespot, Selasa (18/7/2017).

Sayang, kutipan dalam laporan tahunan tersebut tidak memberikan informasi lebih rinci terkait produk yang dimaksud. Namun, seperti yang pernah diketahui, salah satu fitur dalam produk yang dikembangkan tersebut adalah sensor yang bisa memantau pengguna ketika sedang tidur (Sleep Monitor).

Sensor Sleep Monitor ini memang diciptakan untuk mengukur tingkat tidur dan keletihan pengguna tanpa ada rasa khawatir. Mengacu dari penuturan mendiang Satoru Iwata yang juga mantan Presiden Nintendo, alat ini nantinya akan diletakkan di samping tempat tidur dan secara otomatis akan mengirimkan data terkait kualitas tidur penggunanya.

“Di dalam Sensor QoL ini terdapat sensor frekuensi non-radio, yang mengukur pergerakan tubuh, napas dan detak jantung, semuanya tanpa menyentuh badan,” jelas Iwata kala itu.