Implan Stimulus dan Pemantau Otak Untuk Mengendalikan Parkinson Terbaru

Medgadget

Stimulasi elektrik bisa membantu menangani berbagai gangguan terkait otak manusia, dan sudah mulai banyak terdapat alat bantu pengendali Parkinson, Tremor Esensial, kecanduan, bahkan depresi. Walaupun perkembangannya juga menjanjikan, sebagian besar teknologi terkini tidak begitu canggih dan tidak dapat mengukur aktivitas otak dan meresponnya secara berkelanjutan.

Tim Peneliti di University of California, Berkeley, tengah mengembangkan seperangkat implan elektroda nirkabel yang dapat memantau dan menstimulasi otak. Teknologi yang dinaungi perusahaan Cortera Neurotechnologies ini, dapat menganalisis dan menulis hingga 128 buah elektroda yang terhubung dengan otak dengan pengaturan khusus yang tidak akan mempengaruhi pemantauan sinyal listrik alami otak. Teknologi ini membantu perangkat merespon langsung sinyal otak, seperti yang dihasilkan otak saat demam, tremor, tinnitus, dan gejala lain pada gangguan neurologis umum lainnya.

Rahasia kecanggihan teknologi bernama WAND (Wireless Artifact-free Neuromodulation Device) – Perangkat Neuromodulasi Anti-artifak Nirkabel – yaitu sirkuit terintegrasi canggih yang dapat mengurangi sinyal yang dihasilkan perangkat yang berasal dari otak, hasilnya adalah gelombang otak alami yang hanya diperlukan untuk analisis, tanpa gelombang lain yang tidak diperlukan.