Fokus Uni Emirat Arab Kembangkan Industri Medisnya

Pemandangan kota DUbai, Ibukota Uni Emirat Arab pada malam hari. Foto : alldubai.ae

Sebuah laporan yang diterbitkan MENA Research Partners mengungkapkan bahwa industri kesehatan Uni Emirat Arab (UEA) telah bertumbuh sebanyak 10% selama setahun sejak 2015 dan diproyeksikan bernilai lebih dari 103 Miliar AED (28 Miliar USD/393 Triliun IDR) pada tahun 2021. Hal ini membuat pemerintah UEA fokus untuk pengembangan sektor industri medisnya.

Yang pertama adalah menyelenggarakan acara-acara bisnis dalam bidang medis. Arab Health, sebuah pameran kesehatan yang dimiliki UEA, telah berkembang menjadi acara pameran dan konferensi kesehatan terbesar di dunia dan menjadi bukti akan semakin berkembangnya acara serupa di Dubai. Berlangsung setiap tahun di Dubai World Trade Center, Arab Health menarik lebih dari 130.000 pakar kesehatan dari seluruh dunia.

Kemudian menjadikan sektor medis sebagai pilar utama pada Visi UEA 2021. Visi ini sendiri dicetuskan oleh Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum, selaku Wakil Presiden dan Perdana Menteri Uni Emirat Arab sekaligus penguasa Dubai pada 2010 lalu.

Salah satu programnya adalah mengkampanyekan secara masif tindakan pencegahan serta mengurangi gaya hidup tidak sehat yang mampu menyebabkan banyak penyakit seperti diabetes, kanker dan penyakit kardiovaskular, yang bertujuan untuk memastikan bahwa masyarakat Dubai terbiasa dengan gaya hidup yang sehat.

Selain itu adalah, adanya program penilaian akreditasi untuk seluruh rumah sakit umum dan swasta, yang juga bertujuan untuk membantu Dubai agar menjadi salah satu negara dengan pusat industri kesehatan terbaik.

Dubai juga membuka jalan bagi penemuan-penemuan medis yang nantinya akan menciptakan bukan hanya penawaran fasilitas kesehatan di kota Dubai namun juga sistem kesehatan secara keseluruhan di Uni Emirat Arab.

Yang terakhir adalah diluncurkannya konsep Dubai Healthcare City oleh pemerintah UEA. Tujuannya adalah untuk menciptakan kemajuan dan penemuan lebih lanjut, bukan hanya di Dubai, melainkan juga di sektor kesehatan UEA secara menyeluruh.

Mohammed Bin Rashid Medical University of Medicine dan Health Sciences, sebuah pusat pendidikan dan ilmu kesehatan yang terletak di Dubai Healthcare City, didirikan pada wadah terpadu yang mendukung pendidikan kesehatan, penelitian dan praktek klinis serta bertujuan untuk menjadi universitas ilmu kedokteran dan kesehatan terkemuka.