Elon Musk Kembangkan Chip Yang Bisa Ditanam Pada Otak Manusia

Elon Musk. SUmber gambar : technobuffalo.com

Melalui startup bernama Neuralink yang didirikannya, salah satu miliarder dunia Elon Musk ingin mengembangkan sebuah sebuah chip yang bisa ditanamkan di otak manusia.

Layaknya film sci-fi, chip ini nantinya membuat sesorang yang lumpuh bisa mengendalikan ponsel atau bahkan melakukan telepati.

“Uji coba manusia dapat dimulai pada akhir tahun depan, meskipun perusahaan belum memiliki persetujuan dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan AS untuk studi semacam itu,” ucap Elon Musk.

Mengenai gagasan ini, sejumlah pihak mengapresiasinya. Bahkan menyebut bahwa Neuralink bisa menjadi anugerah bagi orang-orang dengan kondisi seperti quadriplegia.

Neuralink, yang didirikan pada tahun 2016, telah menguji versi awal dari kabel implan ini pada tikus. Musk mengatakan uji coba terhadap manusia dapat dimulai pada akhir tahun depan, meskipun perusahaan belum memiliki persetujuan dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan AS (FDA) terkait proyek ini.

Untuk diketahui, Elon Musk adalah seorang pengusa dan miliarder asal Amerika Serikat. Dirinya merupakan pendiri PayPal, sebuah perusahaan menyediakan jasa transfer uang digital dimana produknya saat ini memiliki jutaan pengguna di seluruh dunia. Dirinya juga mendirikan proyek startup ambisius lain seperti SpaceX dan Tesla.