Tips Merancang Fasilitas Layanan Kesehatan Spesialis Anak-anak

Anak-anak akan merasa lebih baik jika berkunjung ke instansi kesehatanyang memang dirancang khusus untuk mereka. Baik Rumah Sakit dan klinik khusus anak, ataupun salah satu poli pada sebuah rumah sakit. Dan saat pasien anak merasa senang begitupun dengan keluarga mereka nantinya.

Dari sisi desain bangunan dan fasilitas, seorang ahli menekankan empat elemen yang wajib diperhatikan dan disiapkan dengan baik. Walaupun banyak instansi kesehatan yang merancang interior dan fasilitasnya dengan berbagai gambar-gambar menarik seperti pelangi, gambar-gambar hewan, kartun namun sesungguhnya ada garis pembatas jelas antara desain ramah-anak dengan yang kekanak-kanakan.

Konsep dengan terlalu banyak konsep anak-anak juga akan membuat ruangan terlihat berlebihan. Sebaiknya unit pediatrik harus menunjukkan sifat playful dan tetap mendorong harapan sambal menyediakan tempat yang pantas bagi orang tua, wali anak, atau kerabat terdekat yang akan mendampingi mereka.

Suasana yang Menarik Perhatian Anak

Saat berada di rumah sakit, anak-anak dapat segera kehilangan minat dan keceriaannya untuk bermain dan melakukan aktivitas menyenangkan lainnya. Fasilitas yang tersedia harus bisa menarik perhatian bagi pasien anak.

Pengelola instansi harus bisa membuat semuanya senormal mungkin bagi anak-anak. Jaga mereka tetap tertarik dan ceria! Misalnya, menyediakan ruangan bermain outdoor, ruangan high-tech atau tembok kupu-kupu interaktif bagi pasien. Tidak seperti rumah sakit spesialis lainnya, pengelola bisa berkreasi sekreatif mungkin.

Suasana yang Mendorong Untuk Sembuh

Bagi pasien manapun, tujuan berobat adalah kesembuhan penuh dan cepat untuk kembali pulang. Selama tahap perencanaan sampai pembangunan, semangat ini harus jadi menjadi landasan utama.

Jangan lupakan pencahayaan, tingkat kebisingan, keseluruhan kebutuhan privasi dan distraksi positif saat merancang fasilitas ini. Bagi anak-anak, penting juga untuk menyediakan akses keluar ruangan. Biarkan pasien merasa menjadi seorang anak-anak sebagaimana mestinya. Jaga keceriaan mereka dengan menyediakan tempat bermain atau taman di area outdoor.

Jika memungkinkan, ruang perawatan harus dipisahkan dari pasien dewasa guna mempercepat penyembuhan.

Ruangan Ramah Keluarga

Pasien anak-anak sudah pasti akan ditemani oleh orang tua atau keluarga yang mendampingi mereka selama perawatan. Karena inilah, fokus besar dalam rancangan fasilitas layanan kesehatan anak juga harus memperhatikan ruangan keluarga. Baik pasien maupun orang terdekatnya harus diakomodasikan dalam lingkungan yang menenangkan, aman, dan luas.

Sebagai tambahan, mengutamakan kebutuhan domestik keluarga pendamping akan menambah tingkat pelayanan. Mengingat lamanya waktu yang akan dihabiskan keluarga di untuk menemani pasien.

Jika memungkinkan, pengelola juga bisa menyiapkan komputer publik, Wi-fi tambahan, ruangan berkumpul dan kelengkapan lainnya akan mengurangi tingkat stress di dalam rumah sakit.

Jangan Lupakan Keamanan Pasien

Keamanan tentu menjadi prioritas utama ketika terkait dengan anak-anak. Kartu akses spesifik, kamera keamanan di seluruh unit, elevator dengan akses terbatas, dan sistem alarm akan memastikan pasien aman dari bahaya. Jangan lupakan juga area bermain outdoor yang ada harus dirancang seaman mungkin.