Cara Membayar Iuran BPJS Menggunakan Fasilitas Autodebit

Beberapa waktu lalu, BPJS Kesehatan mengeluarkan fasilitas autodebit bagi Bagi anda peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Fasilitas yang bisa dinikmati melalui aplikasi mobile JKN-KIS ini, memang sudah berjalan namun faktanya tidak semua peserta mengetahuinya.

Untuk dapat mengaksesnya fitur Pendaftaran Autodebit ini sangat mudah. Setelah calon peserta atau peserta melakukan login pada aplikasi Mobil JKN, klik di bagian Tagihan lalu klik fitur Pendaftaran Autodebit.

Ada dua jenis layanan pendaftaran autodebit bisa diakses di Mobile JKN, yaitu autodebit bank dan non-bank. Khusus autodebit bank, memang saat ini hanya untuk pemilik rekening Bank Mandiri saja, namun pihak BPJS Kesehatan mengatakan bahwa ke depannya tidak menutup kemungkinan untuk ditambahkan beberapa bank lain.

Sedangkan untuk yang non bank (mobile cash), sistemnya seperti model pengisian saldo rekening maupun uang elektronik, dimana dapat dilakukan top up melalui e-channel perbankan maupun ATM Bersama. Juga bisa dilakukan di channel PPOB seperti, PT Pos, Alfamart, hingga jejaring Apotek Sanafarma.

Bagi peserta yang tidak memiliki smartphone, peserta dapat melakukan registrasi melalui konsep USSD dengan menekan *141*999# melalui berbagai tipe ponsel. Bahkan peserta dapat melakukan registrasi di beberapa mitra payment point online banking (PPOB).

Dengan menggunakan layanan autodebit ini, peserta akan memperoleh banyak manfaat. Peserta dapat melakukan pembayaran iuran sesuai dengan kemampuan kapan pun dan dimana pun, terhindar dari potensi risiko denda pelayanan akibat keterlambatan pembayaran iuran, dan beberapa channel memberikan program promo yang menarik.