Basket Stretcher, Tandu Penyelamat Nan Kokoh

Pasti Anda pernah melihat sebuah tandu yang digunakan untuk membawa atlet yang terkena cedera di suatu pertandingan olahraga. Tapi apakah Anda tahu fungsi sesungguhnya dari tandu itu? Tandu adalah alat yang sering digunakan untuk memindahkan korban kecelakaan atau pasien yang mengalami cedera. Anda juga pasti sudah melihat banyak jenis tandu. Meski terlihat sama, tapi ternyata setiap tandu punya fungsi yang berbeda-beda.

Salah satu jenis tandu yang ada ialah Basket Stretcher. Berbentuk menyerupai keranjang, basket stretcher punya permukaan yang cekung kedalam namun tidak terlalu dalam. Untuk menambah keamanan pasien yang terluka, terdapat strap untuk menahan posisi pasien. Tandu ini juga dilengkapi dengan kabel hold-down dan keran ekstensi untuk bisa mengoptimalkan kinerjanya dalam menyelamatkan pasien.

Tandu berjenis basket stretcher ini sering kali digunakan dalam proses evakuasi bencana. Seperti ketika terjadi kecelakaan yang mengharuskan proses evakuasinya menggunakan helikopter, maka basket stretcher digunakan untuk mengangkut pasien dari daratan menuju helikopter. Tak hanya itu saja, dalam proses evakuasi ruang tertutup seperti didalam gua dan gunung, tandu jenis ini siap digunakan di segala kondisi seperti darat maupun saat berada di tempat yang berair.

Yang membuat tandu ini sangatlah kokoh ialah berkat kombinasi antara alumunium serta plastik yang menjadi bahan utamanya, jadi selain ringan basket stretcher juga bisa menampung pasien berukuran besar. Selain petugas medis, biasanya basket stretcher digunakan oleh petugas pemadam kebakaran. Karena manfaatnya yang besar, basket stretcher merupakan salah satu jenis tandu yang kerap kali menyelamatkan banyak korban jiwa.