Alat Ini Bisa Mengecek Fungsi Penglihatan Hanya Dengan Bantuan Smartphone

EyeQue, sebuah startup kesehatan yang bermarkas di Newark, California, Amerika Serikat telah mengembangkan EyeQue Personal Vision Tracker, sebuah perangkat yang bisa memngecek kesehatan fungsi penglihatan seseorang hanya dengan menggunakan bantuan smartphone.

Perangkat yang dibanderol dengan harga USD 30 tersebut, berbentuk miniscope yang menyerupai monokular kecil berbahan plastik. Cara menggunakannya terbilang sangat sederhana. Tempel perangkat tersebut ke smartphone, tekan tombol “+” atau “-” hingga bilah hijau dan merah saling tumpang tindih, putar perangkat searah jarum jam ke posisi berikutnya, dan ulangi. Meskipun pengujian hanya membutuhkan sekitar 15 menit untuk kedua mata, namun Anda perlu mengulang pengujian beberapa kali agar analisis berbasis cloud EyeQue dapat menghasilkan pengukuran yang akurat, sehingga memang akan sedikit membosankan.

Setelah menyelesaikan pengujian yang cukup, pengguna akan mendapat laporan hasil tes. Menurut situs Medgadget, ini dapat digunakan untuk melacak perubahan dalam fungsi penglihatan pengguna dan juga dapat digunakan untuk menebus resep kacamata. Pengguna juga akan disuguhkan grafik visual dari pengukuran diopter bulat dan silinder.

Kendati begitu, bukan berarti perangkat ini dapat 100% menggantikan hasil pemeriksaan ke dokter mata, tetapi memang bisa menjadi tambahan untuk rujukan kesehatan mata penggunanya.

Meskipun tes ini sangat mudah untuk dilakukan sendiri, namun membaca dan mengintepretasikan hasilnya terbilang lumayan sulit. Ada banyak angka dan kurva yang mungkin akan sulit dimengerti oleh pengguna yang awam.

Perangkat ini sendiri dikabarkan telah mendapatkan persetujuan dari FDA (Badan Pengawasan Obat dan makanan Amerika Serikat) dan bisa dibeli di situs Amazon ataupun di situs resminya langsung.