AccuVax Dapat Meminimalisir Kesalahan Dalam Pengelolaan Vaksin

TruMed Systems, perusahaan alat kesehatan yang berbasis di California, Amerika Serikat meluncurkan perangkat untuk manajemen penyimpanan vaksin bernama AccuVax.

Perangkat ini memiliki konsep dasar lemari penyimpanan yang dapat menyimpan vaksin dalam suhu yang pas, agar bisa digunakan untuk jangka panjang serta membantu mengurangi kesalahan administrasi. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi klinis, menghemat waktu perawat, dan mengurangi limbah.

Alat ini dilengkapi monitor kecil yang dapat menampilkan suhu area di dalam tempat penyimpanan serta data jumlah banyaknya vaksin yang telah digunakan maupun yang tersisa.

Teknologi yang terintegrasi dalam AccuVax bisa membantu petugas medis agar memastikan vaksin yang hendak digunakan apakah sudah mencapai waktu kadaluarsa atau belum. Selain itu juga untuk fungsi keamanan, alat ini dilengkapi fungsi pemindai jari sehingga tercatat siapa saja yang sudah mengakses.

Jika terjadi pemadaman listrik, baterai di dalam AccuVax akan tetap dingin selama setidaknya sembilan jam. Juga alat ini dapat terhubung dari jarak jauh melalui internet untuk memeriksa penggunaan, status daya, dan mendownload informasi yang tercatat.