spot_img

Kalbe Farma dan GE HealthCare Produksi Mesin CT Scan Lokal untuk Kesehatan Nasional

PT Kalbe Farma Tbk, melalui anak usahanya PT Forsta Kalmedic Global, akan memproduksi mesin CT Scan secara lokal. Rencana ini akan dilakukan bekerja sama dengan perusahaan asal AS, GE HealthCare. 

Kerja sama ini diresmikan pada 15 Oktober 2024 oleh Presiden Direktur Kalbe, Irawati Setiadi, dan CEO GE HealthCare Internasional, Elie Chaillot. Bersamaan dengan momen ini turut menyaksikan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Inisiatif ini bertujuan meningkatkan kemandirian teknologi medis di Indonesia dan memperluas akses terhadap layanan kesehatan berkualitas. Pelayanan ini terutama dalam diagnosis penyakit seperti kanker. 

Produksi lokal mesin CT Scan diharapkan mendukung pemerataan akses kesehatan nasional serta meningkatkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dalam industri alat kesehatan. 

“Kami berharap inisiatif produksi lokal mesin CT Scan ini dapat membantu meningkatkan kualitas layanan kesehatan dan memperluas akses ke fasilitas medis di seluruh Indonesia. Tujuannya adalah untuk mendukung pemerataan layanan kesehatan yang lebih baik, serta berkontribusi dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat secara keseluruhan,” kata Irawati dilansir dari IDX Channel (16/10/24). 

Selain mendorong komponen lokal, tenaga teknisi akan mendapatkan pelatihan untuk mengoptimalkan penggunaan teknologi ini.

Mesin CT Scan termasuk dalam sepuluh alat kesehatan prioritas yang ingin diproduksi di Indonesia. Produksi alat ini secara lokal termasuk bagian dari program pemerintah untuk memperkuat ketahanan kesehatan nasional.

Mengenai PT Forsta Kalmedic Global

PT Forsta Kalmedic Global adalah anak perusahaan Kalbe Farma yang berfokus pada distribusi dan pengembangan alat kesehatan di Indonesia. 

Perusahaan ini bertujuan mendukung program pemerintah dalam memproduksi alat kesehatan lokal. Alat kesehatan seperti ini sangat vital dalam diagnosis medis. Produksi lokal akan membantu meningkatkan akses teknologi medis di seluruh negeri. 

Melalui produksi lokal ini diharapkan mampu mempercepat pemerataan kesehatan. Selain itu juga untuk mendukung peningkatan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dalam industri alat kesehatan.

 

Related Articles

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments

Media Sosial

10,000FansLike
13,700FollowersFollow
BERLANGGANAN NEWSLETTER GRATIS
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
Join over 3.000 visitors who are receiving our newsletter and learn how to optimize your blog for search engines, find free traffic, and monetize your website.
We hate spam. Your email address will not be sold or shared with anyone else.

Pilihan Redaksi

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x