926 Dokter Ahli Bahas Perkembangan Teknologi Radiologi

Sumber foto : detik

Sejumlah 926 dokter ahli, dari dalam dan luar negeri berkumpul dalam forum Pertemuan Ilmiah Tahunan Persatuan Dokter Spesialis Radiologi Indonesia (PIT PDSRI) di Hotel Royal Ambarrukmo, Sleman. Pertemuan tersebut mengupas kemajuan teknologi radiologi dalam dunia kesehatan.

Mengangkat tema “Radiology in the Future: We Know, See, and Treat“, forum tersebut bertujuan agar seluruh peserta dapat mengikuti perkembangan teknologi sehingga saat praktek nanti, dapat membuat diagnosa yang lebih akurat sehingga dokter klinis bisa melakukan tindakan yang tepat.

“Tindakan yang tepat dengan bantuan radiolog akibat adanya peralatan yang canggih, akan membuat faktor risiko turun, komplikasi rendah. Kesuksesan terapi akan jadi lebih baik,” tegas Dr dr Terawan A Putranto SpRad (K), salah seorang ahli radiologi yang hadir.

Menurut Ketua Umum PDSRI Yogyakarta Dr dr Bagaswanto Pudjomartono, Sp Rad (K), masyarakat Indonesia sebenarnya tak perlu lagi meragukan kemampuan dokter dalam negeri yang tak kalah dengan dokter dari luar negeri. Namun dia mengakui kelengkapan peralatan kesehatan di dalam negeri masih menjadi pekerjaan rumah.

PIT PDSRI sendiri sudah digelar sebanyak 12 kali, dan selain forum diskusi juga ada sejumlah workshop intervensi radiologi dengan teleconference demo yang digelar rutin secara bersamaan tiap tahunnya.