7 Keuntungan Beralih Ke Sistem E-Procurement

Gambar ilustrasi.

Dunia internet sekarang ini sudah demikian pesat kemajuannya. Tak bisa dihindarkan, cara-cara digital sekarang sekarang sudah merambah dalam keseharian hidup manusia termasuk aktivitas pengadaan atau dikenal dengan istilah e-Procurement. Saat ini tercatat sudah ada 15,000+ produk terdaftar resmi di LKPP.

E-procurement dapat diterapkan pada proses pengadaan alat kesehatan untuk institusi rumah sakit atau klinik Anda, sehingga dapat lebih efektif dan efisien. Kemudia pertanyaannya, apa kemudahan yang diberikan e-procurement? berikut jawabannya.

1. Menghemat Biaya

E-procurement dapat menghemat biaya karena menghindari Anda dari; duplikasi pada pembelian barang/jasa, jumlah belanja yang tidak terkontrol, dan meminimalisir biaya yang dikeluarkan untuk pembuatan dan pengurusan dokumen-dokumen fisik.

2. Transparan

Pengadaan dengan cara digitral memudahkan Anda untuk menyusun dan menganalisa laporan melalui sistem yang sudah terintegrasi. Sangat mudah diaudit dan dapat memastikan prosedur pengadaan sudah berjalan sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan.

3. Menghemat Waktu

Sistem e-procurement dapat menghemat waktu dibanding pengadaan tradisional. Rekaman transaksi yang tersimpan memudahkan Anda untuk melakukan pembelian yang sama di masa mendatang tanpa harus mengulang proses dari awal.

4. Meminimalisir Dokumen Fisik

Tak ada lagi kasus dokumen hilang, tertumpuk, ataupun terbawa ke orang lain. Melalui e-procurement, semua dapat tersimpan dan tertata secara online sehingga lebih mudah dalam mencari dokumen lama hingga yang terbaru.

5. Transaksi Mudah

E-procurement mendukung dan mempermudah proses pembelian, pembayaran, pengiriman sehingga transaksi lebih cepat selesai. Anda pun tak perlu repot mengkonsolidasikan banyak pihak jika Anda memiliki banyak vendor. Dengan platform ini, Anda cukup berkoordinasi dengan satu pihak saja.

6. Membuat Standar Pembelian

Terkadang, masing-masing divisi memiliki cara pengadaan yang berbeda sesuai referensi yang mereka ketahui. Melalui sistem e-procurement yang sudah terstruktur dan terintegrasi memudahkan divisi pengadaan untuk mengontrol pengadaan yang dilakukan oleh divisi-divisi lain dalam satu perusahaan/instansi.

7. Menghindari error

Dokumen elektronik memudahkan Anda untuk memeriksa informasi yang kurang ataupun yang salah. Informasi dokumen dapat diperbaiki dengan mudah dan cepat sehingga tidak menghambat proses selanjutnya.

Apakah sudah terbayang bagaimana sistem e-procurement siap mempermudah proses pengadaan alat kesehatan Anda? Jika masih belum jelas, silahkan kontak Emedis.id, platform terpercaya untuk pengadaan alat kesehatan Anda secara digital.