15 Negara Ini Memiliki Sistem Kesehatan Terbaik di Dunia

Sebuah lembaga penelitian yang berbasis di London, Inggris bernama Legam Institute merilis survei peringkat negara-negara paling makmur di duinia. Salah satu indikator penilaian tersebut yakni pada sistem kesehatan yang dimiliki. Data tersebut meliputi tiga komponen utama yaitu kesehatan mental dan fisik dasar, infrastruktur kesehatan dan ketersediaan program pencegahan perawatan.

Hasil survei memang dinilai tidak terlalu mengejutkan karena negara-negara yang memiliki nilai terbaik hampir semuanya adalah negara-negara maju dengan tingkat ekonomi yang mumpuni, salah satunya adalah negara tetangga kita, Singapura. Berikut adalah 15 negara tersebut.

1. Luksemburg

Terletak di antara Belanda, Prancis, dan Jerman, Luksemburg menduduki posisi teratas dengan indeks sistem kesehatan terbaik menurut Institut Legatum. Angka harapan hidup rata-rata negara tersebut adalah 82 tahun.

2. Singapura

Infrastruktur kesehatan negara tetangga kita ini terbilang sangat baik. Tercatat, 5,6 juta warga Singapura memiliki angka harapan hidup rata-rata 83,1 tahun.

3. Swiss

Swiss hampir memiliki infrastruktur kesehatan yang diinginkan dari sebuah negara. Layanan kesehatannya pun bersifat universal. Setiap warga negara juga wajib memiliki asuransi kesehatan.

4. Jepang

Angka harapan hidup di Jepang adalah yang tertinggi di dunia yaitu mencapai 83,7 tahun. Hal ini juga menjadi salah satu masalah pada negara ini, yaitu dengan besarnya jumlah penduduk usia tua.

5. Belanda

Pada 2015, Belanda memperoleh posisi nomor satu di Eropa pada indeks konsumen kesehatan tahunan. Belanda memperoleh peringkat 916 dari 1.000 poin maksimum.

6. Swedia

Seperti kebanyakan angka kualitas hidup dan peringkat kesehatan, negara-negara di Eropa bagian utara seperti Swedia mendapat nilai yang tinggi. Bahkan, pria Swedia memiliki harapan hidup tertinggi keempat dari suatu negara, yaitu 80,7 tahun.

7. Hong Kong

Hong Kong memiliki 11 rumah sakit swasta dan 42 rumah sakit untuk melayani penduduknya yang mencapai 7,2 juta jiwa. Pada 2012, perempuan di Hong Kong memiliki harapan hidup terpanjang di dunia.

8. Australia

Dengan cuaca yang cerah dan polusi rendah, tidak mengherankan bahwa Australia masuk ke peringkat sebagai negara paling sehat di belahan bumi bagian selatan. Angka rata-rata harapan hidup negara ini adalah 82,8 tahun atau yang tertinggi keempat di dunia.

9. Israel

Israel memiliki angka harapan hidup tertinggi kedelapan di dunia. Angka harapan hidupnya tercatat mencapai 82,5 tahun.

10. Jerman

Meskipun menyukai bir dan sosis, orang Jerman termasuk yang paling sehat di dunia. Angka harapan hidup negara ini mencapai 81 tahun.

11. Belgia

Ini memiliki perawatan kesehatan yang sangat baik. Namun, Belgia juga mewajibkan asuransi kesehatan bagi semua warga negara. Tak heran, angka harapan hidup pada negara ini cukup tinggi, yaitu mencapai 81,1 tahun.

12. Selandia Baru

Selandia Baru adalah salah satu negara paling aktif di dunia pada sektor kesehatan. Negara ini memiliki angka harapan hidup rata-rata 81,6 tahun.

13. Norwegia

Negara ini memberikan akses layanan kesehatan secara gratis bagi penduduk di bawah usia 16 tahun. Namun, masyarakat yang berusia di atas 16 tahun tetap diwajibkan untuk membayar layanan kesehatan.

14. Prancis

Prancis terkenal dengan kualitas layanan kesehatannya. Hal ini dapat dilihat dari tingginya angka harapan hidup masyarakat Prancis.

15. Qatar

Standar kesehatan terbaik di Timur Tengah dapat ditemukan di negara kaya Qatar. Negara ini baru saja mengambil langkah untuk menerapkan sistem kesehatan universal secara merata.