Ubah Strategi Bisnis, Jawbone Akan Sasar Penyedia Layanan Kesehatan

UP fitness tracker system, produk andalan Jawbone. SUmber gambar : cnet.com

Jawbone selaku produsen UP fitness tracker system, sebuah produk kesehatan wearable tengah mengubah strategi bisnisnya. Mereka dikabarkan memutuskan keluar dari pasar hardware konsumen dan mulai menjual produk dan layanan untuk pelaku di sektor bisnis kesehatan.

Strategi ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan mereka mengingat mekanisme B2C (Business to Consumer) yang selama ini diterapkan tidak memberikan banyak keuntungan. Selain menyediakan produk hardware, startup asal San Francisco, Amerika Serikat itu juga berencana untuk menawarkan layanan software.

Mereka akan menjual sebuah produk kesehatan dan melengkapinya dengan sekumpulan layanan yang akan dijual kepada dokter dan penyedia layanan kesehatan lainnya, sebagaimana MedX kutip dari arstechnica.com.

Untuk membantu perubahan strateginya, Jawbone dikabarkan akan mencari pendanaan. Mereka disebutkan tengah berkomunikasi dengan beberapa investor demi mendapatkan dana segar serta.

Hal ini bukanlah pertama kalinya Jawbone mengubah strateginya. Pada awalnya, Jawbone adalah perusahaan headset. Kemudian, mereka memutuskan untuk fokus pada speaker Bluetooth sebelum kembali berganti menjadi perangkat kesehatan wearable seperti sekarang.