Toyota Luncurkan Kaki Robot Untuk Membantu Orang Berjalan

Kaki Robot Rehabilitasi ciptaan Toyota. Sumber gambar : REUTERS

Pabrikan mobil asal Jepang, Toyota Motor Corp, mengumumkan akan segera memasuki pasar kesehatan dengan produk terbaru mereka yaitu robot rehabilitasi untuk membantu orang agar bisa bergerak dan berjalan lebih leluasa. Robot ini kabarnya telah dikembangkan dalam sepuluh tahun terakhir dan akan diluncurkan secara resmi pada akhir tahun 2017 ini.

Rumah sakit dan instirusi kesehatan dapat meminjam sistem yang didesain bagi pasien yang tubuh bagian bawahnya menderita kelumpuhan itu dengan harga IDR 42,5 juta setiap bulannya ditambah dengan uang muka sebesar IDR 121 juta.

“Sistem akan menyediakan bantuan bagi para lansia ini untuk hidup lebih bebas sekaligus meringankan beban para pengasuh lansia itu,” ungkap Toyota melalui rilis resminya.

Secara global, menurut International Federation of Robotics, penjualan robot untuk lansia dan bagi penyandang disabilitas diprediksikan akan terjual 37.500 unit hingga tahun 2019. Angka ini diharapkan akan meningkat terus dalam waktu 20 tahun ke depan.

Pada 2015, Honda telah lebih dulu luncurkan jasa penyewaan alat-alat mobilitas. Dikenakan di pinggang dan menempel di paha, alat ini membantu gerakan mereka.