Teknologi Bedah Robot Akan Makin Berkembang Di 2017

Teknologi bedah robotik. Gambar: uclahealth.org

Robotic Surgery atau teknologi bedah robot merupakan sebuah pengembangan teknologi kedokteran yang menggunakan sistem robot untuk membantu proses pembedahan. Teknologi ini memungkinkan dokter untuk melakukan operasi secara lebih detail sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya komplikasi dan nyeri, serta waktu pemulihan lebih cepat.

Menurut MMDI online, Robotic Surgery atau teknologi bedah robotik akan menjadi trend yang berkembang pesat pada tahun 2017 ini kendati memang diakui pengembangan teknologi ini masih lebih mahal daripada operasi konvensional.

Dikabarkan, beberapa produsen alat kesehatan nampak serius menggarap produk serta pasar untuk Robotic Surgery. Beberapa diantaranya adalah Intuitive Surgical yang memang memimpin pada pengembangan teknologi ini, kemudian ada Stryker, Smith & Nephew, Johnson & Johnson, Medtronic, dan Zimmer Biomet.

Menariknya, muncul juga sebuah perusahan startup yang fokus mengembangkan produk alat bedah robot bernama Cambridge Medis Robotics. Startup asal Inggris ini telah mendapatkan pendanaan Seri A sebesar $ 20.000.000.