Stimulator Saraf Vagus Terbaru Untuk Pencegahan Sakit Kepala Kluster Dari electroCore

Perusahaan asal Basking Ridge New Jersey electroCore, menerima pengesahan dari FDA atas produknya yang mampu mencegah sakit kepala kluster. Sistem stimulus saraf vagus non-invasive (nVNS) bernama gammaCore sebelumnya disahkan untuk merawat rasa sakit yang menyerang, yang berhubungan dengan migraine dan sakit kepala kluster periodik. Pengesahan ini berarti kini dokter diijinkan menulis produk tersebut dalam resep sebagai bentuk pencegahan.

Versi terbaru perangkat ini, bernama gammaCore Sapphire, memiliki sepasang elektroda yang ditempatkan pada leher didekat lokasi saraf vagus. Perangkat kemudian mengirim arus listrik melalui saraf, menuju otak, dan memotong proses yang menyebabkan rasa sakit jenis tertentu.

Perangkat tersebut hanya seukuran smartphone, sangat kecil untuk dibawa, dan terapinya dapat dilakukan segera mungkin sesuai kebutuhan. Tidak terdapat laporan adanya efek samping serius dari terapi jenis ini, jadi penggunaannya aman untuk dilakukan berulang kali secara regular, selama digunakan untuk orang dewasa.