Startup Kesehatan Malaysia Naluri Raih Pendanaan USD 1,5 Juta

Naluri, sebuah startup teknologi kesehatan asal Malaysia telah meraih pendanaan pra Seri A USD 1,5 juta. Pendanaan tersebut dipimpin oleh Global Founders Capital. Turut serta dalam pendanaan tersebut adalah tanford-StartX Fund, TH Capital, dan beberapa investor swasta.

Menurut pihak Naluri, dana tersebut akan digunakan untuk membantu perusahaan agar bertumbuh selama 12 bulan ke depan. Diantaranya adlaah memperluas penggunanya, merekrut staf senior, ekspansi tim ke luar negeri, dan untuk membentuk kemitraan dengan perusahaan asuransi terkemuka, pengusaha perusahaan, penyedia layanan kesehatan, dan perusahaan farmasi.

Naluri didirikan pada 2017 oleh Azran Osman-Rani (CEO) yang adalah mantan kepala iflix Malaysia dan AirAsia X Bhd, bersama dengan dokter Jeremy Ting dan dokter Hariyati Shahrima.

Startup ini menawarkan perawatan terapeutik kesehatan berbasis bukti (evidence-based) yang menggabungkan ilmu perilaku, sains, dan teknologin digital untuk menangani pasien. Dengan program perangkat lunaknya, Naluri menyediakan pelatihan kesehatan terstruktur dan dukungan psikologis bagi pengguna untuk mencegah, mengelola, atau mengobati gangguan atau penyakit medis.

“Kami telah melihat sekitar 60 persen pengguna mencapai setidaknya satu peningkatan kesehatan yang signifikan secara klinis sehingga mengurangi risiko diabetes atau penyakit jantung hingga 30-50 persen. Mempertimbangkan bagaimana klien inti kami memutuskan untuk memperluas kemitraan mereka dengan kami ke tahap 2 roll-out, kami telah mulai bekerja untuk memperluas layanan kami ke pasar yang lebih besar di seluruh Asia Tenggara, ”kata dokter Ting.

Sementara itu, CEO Osman-Rani mengatakan bahwa layanan dan program kesehatan konvensional selama ini tidak memberikan cukup dukungan berkelanjutan bagi pasien. Sebagian besar hanya berfokus pada sesi konsultasi transaksional yang berlangsung selama satu kali, kemudian mengabaikan pelacakan hasil kesehatan yang signifikan secara klinis seperti penurunan berat badan, gula darah, tekanan darah, dan penurunan kolesterol, atau peningkatan kuantitatif dalam tingkat depresi, kecemasan, dan stres. Dan Naluri hadir untuk menjadi solusi akan hal tersebut.

Sebelumnya, Naluri telah mengumpulkan pendanaan awal dari BioMark dan 500 Startup sebesar USD 242.800.