Startup Ini Menyediakan Solusi Teknologi dan Big Data Bagi Sektor Kesehatan

Aplikasi mobile mClinica yang bisa dimanfaatkan oleh pihak apotek. Sumber gambar : mClinica.com

mClinica merupakan startup yang menyediakan solusi teknologi dan big data bagi dunia kesehatan. Perusahaan asal Singapura ini didirikan pada tahun 2012 oleh Farouk Meralli dan saat ini telah berhasil mengembangkan sejumlah produk seperti aplikasi mobile, platform big data dan analisis kesehatan hingga layanan komputasi awan bernama mClinica 360 yang diperuntukkan secara khusus bagi perusahaan farmasi, distributor dan apotek dalam mengakses data analisa pasar untuk keperluan penunjang bisnis.

Khusus untuk platform big data mClinica, produk mereka ini dapat membuat perusahaan farmasi, pemerintah, LSM, dan lembaga akademis bisa mengakses data yang sebelumnya sulit untuk didapatkan.

Vasil Rusinov selaku COO mencontohkan bahwa mereka berhasil menunjukkan bahwa 5% dari pasien di Indonesia diberi resep dengan kombinasi obat-obatan yang memiliki efek samping beresiko tinggi sehingga dapat menyebabkan komplikasi kesehatan yang parah termasuk kegagalan dan hati kondisi ginjal. Lain pula di Filipina, platform mClinica telah dengan cepat menemukan bahwa hampir 60% dari pasien pengidap TB di sektor swasta tidak menerima standar perawatan yang mereka butuhkan untuk menyembuhkan diri.

“Di banyak negara berkembang, data kesehatan hilang. Triliunan dolar dibelanjakan oleh sektor kesehatan publik dan swasta dan sering tidak ada data untuk memandu keputusan pemrograman dan kebijakan yang tepat. Tujuan Kami adalah untuk secara cepat mengubah ketersediaan dan kualitas data kesehatan global dalam hitungan bulan.” tegas CEO mClinica Farouk Meralli.

Dikutip dari situs resminya, mClinica memiliki misi untuk menyatukan apotek di seluruh dunia, mengubah data kesehatan global dan memajukan kesehatan pasien. Saat ini startup yang memiliki tagline “Connecting Pharmacies. Transforming Global Health.” tersebut sudah beroperasi di beberapa Asia Tenggara termasuk Indonesia dan menghubungkan ribuan apotek dan pasien/pengguna di platform mereka.

Berbicara mengenai investasi, mClinica telah berhasil mendapatkan pendanaan seri A sebesar USD 6,3 juta dari Unitus Impact, MDI Ventures dan Endeavor Catalyst pada bulan Februari kemarin. Sebelumnya tahun 2014, juga berhasil membukukan pendanaan seri pertama dari 500Startups, IMJ Investment Partners, dan Kickstart Ventures dengan jumlah yang tidak disebutkan.