Solusi Penanganan Limbah Medis yang Efektif

Semenjak badai Covid-19, limbah medis yang dihasilkan dari berbagai lembaga kesehatan khususnya rumah sakit meningkat drastis. Di sisi lain, banyak pihak meragukan kemampuan Indonesia dalam menangani peningkatan ini.

Saat ini kapasitas fasilitas kesehatan untuk memproses limbah medis masih di bawah hasil yang diharapkan. Apabila terus dibiarkan, dikhawatirkan limbah yang tidak tertangani dapat menjadi sumber penyakit baru. Tentu saja perlu tindakan dan keputusan yang tepat demi mencegah kekhawatiran tersebut terjadi.

Memang tidak bisa dipungkiri apabila layanan kesehatan dan industri rumah sakit di Indonesia harus menghadapi banyak sekali tantangan. Di saat pandemi sudah mulai mereda, namun efek samping berupa limbah medis yang menggunung dapat berpotensi membawa hal yang tidak diinginkan dan berpengaruh buruk untuk fasilitas kesehatan di Indonesia.

Belum seluruh limbah medis ditangani dengan baik sampai saat ini. Bahkan menurut data dari Kementerian Kesehatan di Tahun 2018, jumlah limbah yang dihasilkan dari industri kesehatan mencapai 296.86 ton per hari!

Sementara itu hanya sekitar 168.8 ton yang dapat ditangani dengan baik. Tentu saja angka ini masih jauh dari harapan. Sebab masih ada sekitar 128 ton hasil buangan fasilitas kesehatan yang perlu diperhatikan.

Limbah Medis. Source: Kompas.com

Bayangkan sisa pembuangan yang tidak tertangani itu menumpuk hari demi hari, bulan ke bulan, tahun ke tahun. Tentu saja dibutuhkan sebuah sarana efektif demi menjaga bukan saja industri kesehatan itu sendiri, namun juga seluruh masyarakat Indonesia.

Solusi Pengolahan Limbah Medis Rumah Sakit yang Efektif

Melihat kebutuhan dan urgensi penanganan limbah rumah sakit, PT Karya Pratama meluncurkan sebuah sistem lengkap dengan peralatan dan mesin yang mampu menangani itu semua.

Nama dari solusi pengolahan limbah itu adalah Gient MWI 1150. Sebuah alat dengan teknologi tinggi yang mampu mengolah limbah medis dengan kapasitas pengurangan volume limbah mencapai 80%.

Gient MWI 1150 menggunakan sistem Integrated Autoclave with Shredder yang mampu mengolah limbah secara otomatis lengkap dengan pencabik atau shredder. Pencabik ini diletakkan di bagian dalam, punggung pendukung serta memiliki tempat pembuangan otomatis. Dilengkapi pula oleh pompa vacuum dengan sistem generator uap yang tentunya mendukung daya kerjanya dalam mengolah limbah dan sampah medis.

Seperti Apa Cara Kerja Gient MWI 1150?

Cara kerja pengolahan limbah yang efektif mampu dilakukan oleh Gient MWI 1150 untuk meminimalisir dampak terhadap lingkungan.

Proses kerja yang dilakukan:

  • Limbah medis dimasukkan menggunakan dumper otomatis ke ruang pemuatan
  • Limbah yang sudah dimasukkan kemudian dipotong-potong menjadi bagian kecil untuk selanjutnya memasuki bagian sterilisasi
  • Seluruh kuman dan patogen dihancurkan menggunakan sistem uap jenuh
  • Air digunakan dengan tujuan menurunkan suhu
  • Post-Vacuum. Sisa uap dan lembab dihilangkan sehingga limbah menjadi dingin dan kering
  • Pintu bagian bawah dapat dibuka untuk mengeluarkan limbah yang sudah diolah, lalu dimasukkan ke dalam wadah untuk dibuang ke tempat aman

Fitur Istimewa Sistem Pengolahan Limbah Medis Gient MWI 1150

Ada berbagai fitur yang menjadikan Gient MWI 1150 sebagai alat pengolahan limbah medis yang efektif.

  • Full automatic system sejak pemuatan sampai pengeluaran limbah
  • Hanya diperlukan satu orang staff sebagai operator
  • Kemasan desain kompak termasuk dengan automatic dumper, vacuum pump dan generator uap
  • Cara pemasangan mudah dan cepat untuk dihubungkan dengan infrastruktur
  • Mudah dirawat
  • Software integrated sebagai pilihan tambahan untuk kemudahan pencatatan dan pengawasan operasional

Selain itu, Gient MWI 1150 juga memberikan keamanan menyeluruh.

  • Tidak mengandung emisi berbahaya
  • Sesuai standar lingkungan sehat dunia
  • Satu wadah tertutup saat proses pencabikan dan sterilisasi
  • Aman dioperasikan oleh manusia
  • Biaya perawatan rendah
  • Usia daya tahan mencapai 15 tahun pemakaian

Kebutuhan akan alat terintegrasi yang aman dan mudah dioperasikan untuk mengolah limbah medis semakin mendesak. Sebab apabila buangan dan limbah dari fasilitas kesehatan dibiarkan begitu saja akan berdampak buruk bagi lingkungan Indonesia.

Sudah saatnya menggunakan atau beralih ke sebuah sistem yang praktis, berteknologi, steril dan mudah dioperasikan hanya oleh satu staf saja.

Gient MWI 1150 menjawab seluruh kebutuhan akan penanganan limbah medis secara lengkap. Baik sejak pemuatan hingga tiba waktunya dibuang ke tempat aman tanpa resiko kepada lingkungan.