Serba-Serbi Timbangan Badan

youtube screenshot

Timbangan Badan adalah timbangan yang digunakan untuk mengukur bobot berat pada seseorang. Tetapi untuk mengetahui berat badan seseorang juga dapat menggunakan timbangan dengan jenis lain. Dengan munculnya timbangan badan yaitu perangkat yang khusus mengukur berat badan seseorang.

Dengan mengetehaui berat badan pada anak kecil dapat mengontrol perkembangan dan pertumbuhan sang anak, apakah anak itu sehat atau tidak. Pada zaman dahulu masyarakat menggunakan timbangan dacin/gantung untuk mengetahui berat badan pada anak mereka, timbangan ini juga hanya diperuntukkan bagi anak bayi dan yang berusia dibawah 5 tahun. Untuk mengetahui berat badan pada anak usia 5 tahun ke atas, timbangan yang digunakan adalah timbangan badan analog.

Sejarah Singkat

Bukti tertua keberadaan timbangan tanggal tercatat pada 2400-1800 SM di lembah Sungai Indus (Pakistan). Awalnya, kubus batu dipoles dan digunakan sebagai berat penetapan batu dalam skala keseimbangan. Kubus ini terbuat dari berbagai jenis batu dengan kepadatan yang bervariasi. Di Mesir, timbangan dapat ditelusuri ke sekitar tahun 1878 SM, tetapi penggunaan mereka mungkin meluas jauh lebih awal. Batu berukir tanda yang menunjukkan berat dan simbol hieroglif Mesir untuk emas ditemukan, yang menunjukkan bahwa pedagang Mesir telah menggunakan sistem pengukuran berat badan sebelumnya.

Variasi pada skala keseimbangan, termasuk perangkat seperti Bismar mulai digunakan umum sekitar 400 SM oleh para pedagang kecil dan pelanggan mereka. Selanjutnya penemu besar seperti Leonardo Da Vinci tercatat terlibat pada proses perkembangan perangkat ini.

Semua timbangan sampai abad ketujuh belas Masehi masih bervariasi pada skala keseimbangan. Meskipun catatan pada tahun 1600 mengacu pada timbangan pegas untuk mengukur berat badan, desain awal mulai dikembangkan dan diperbaharui mulai tahun 1770 oleh Richard Salter. Timbangan pegas kemudian marak digunakan pada tahun 1840 ketika RW Winfield mengembangkan skala lilin untuk digunakan dalam surat ukur dan paket. Pekerja pos bisa bekerja lebih cepat dengan timbangan pegas dari skala keseimbangan karena mereka bisa membaca cepat dan tidak harus secara hati-hati menyeimbangkan pengukuran sendiri.

Pada 1940-an berbagai perangkat elektronik melekat pada desain ini untuk membuat pengukuran lebih akurat. Tekanan diubah menjadi sinyal digital, dikembangkan sejak akhir abad kesembilan belas. Namun baru luas digunakan pada akhir abad dua puluh.

Jenis Timbangan Badan

Dengan berkembangnya teknologi, kini timbangan badan mempunyai jenis yang beragam dan juga fitur tambahan seperti timbangan badan yang dilengkapi dengan alat perngukur tinggi badan. Dan seiring dengan modernisasi, timbangan badan juga mengalami perubahan dari analog menuju digital. Tidak hanya dengan jarum analog, tetapi kini timbangan dapat menampilkan hasil pengukuran melalui layar digital. Berikut beberapa jenis timbangan badan yang umum digunakan dunia medis:

1. Timbangan Bayi

Timbangan yang digunakan khusus untuk menimbang bayi yang baru saja dilahir. Timbangan bayi kini berupa digital sehingga hasil dari proses penimbangan akan jauh lebih akurat. Dengan bentuk yang dirancang untuk bayi, sehingga dapat memberi kenyamanan untuk bayi ketika proses penimbangan.

2. Timbangan Gantung/Dacin

Timbangan yang juga digunakan untuk menimbang bayi atau balita. Timbangan ini memiliki bentuk yang sederhana dan masyarakat juga sudah mengenalnya, karena sebelum timbangan bayi digital muncul, timbangan inilah yang digunakan oleh masyarakat untuk menimbang anaknya.

Bentuk dari timbangan ini yaitu berupa timbangan yang harus digantung dan dilengkapi dengan sepasang balok (beam) yang dihubungkan oleh lengan tiang terdapat angka untuk mengukur berat badan. Balok yang digunakan jug mempunyai letak yang berbeda, balok yang digunakan untuk menimbang badan yaitu balok yang berada diposisi lengan tiang yang lebih panjang. Sedangkan balok yang digunakan sebagai titik berat berada diposisi lengan tiang yang pendek.

3. Timbangan Dengan Alat Pengukur Tinggi Badan

Timbangan jenis ini berbentuk seperti timbangan duduk, hanya saja indikator yang digunakan berupa analog yang menghadap ke atas. Alat untuk peninggi badan berada bersebelahan dengan tiang indikator. Cukup dengan menarik ke atas alat ukur tinggi badan, kita dapat mengetahui tinggi badan ketika sedangan proses penimbangan berlangsung.

4. Timbangan Pengukur Lemak Tubuh

Salah satu contoh timbangan terkini jenis ini adalah Omron KaradaScan Body Fat Monitor HBF-701 yang digunakan untuk pemantauan berat badan ideal dan mengetahui komposisi tubuh penggunanya. Dilengkapi dengan Full Body Sensing Technology (teknologi pengindraan seluruh tubuh) untuk analisis komposisi tubuh yang lebih akurat dan tepat. Seperti pengukuran persentasi lemak pada tubuh dan tingkat lemak Visceral (lemak tersembunyi)

5. Timbangan Badan Digital

Timbangan digital berbentuk seperti timbangan badan pada umumnya yaitu berbentuk persegi, namun indikator yang digunakan berupa layar digital.