Samsung Ungkap Keseriusannya Kembangkan Perangkat Kesehatan Wearable

Samsung Electronics mengungkapkan akan serius untuk mengembangkan peralatan kesehatan wearable sebagai salah satu produk barunya. Nantinya produk tersebut akan memanfaatkan software artifical intelligence dan akan fokus pada kategori produk home healthcare. Pernyataan tersebut diungkapkan pada perhelatan ECS 2017 di Las Vegas, Amerika Serikat pada 11 Januari kemarin.

“Kami percaya bahwa pelayanan kesehatan berdasarkan pada teknologi wearable memiliki potensi bisnis yang baik di masa depan.” Ungkap Yoon Boo-keun, kepala Divisi CE Samsung Electronics. “Ada banyak hal tidak nyaman yang muncul ketika orang menjadi tua. Saya pikir produk ini dapat menjawab kebutuhan itu dengan baik.” Lanjutnya.

Samsung Electronics saat ini memang tengah mengembangkan sebuah aplikasi yang dapat mengelola informasi kebugaran seperti latihan, nutrisi dan jadwal tidur melalui sebuah produk teknologi wearable. Produk ini dikembangkan dengan menggandeng Under Armor, salah satu perusahan produk olahraga terkemuka. Selain itu, perusahan asal Korea Selatan melalui Samsung’s Creative Lab Projects (C-Lab) dua di antaranya adalah produk home skin care dan Welt, sebuah sabuk cerdas yang secara otomatis dapat mengukur konsumsi dan asupan kalori pennggunanya.

Tampaknya Samsung Electronics membuat langkah tersebut setelah memriset kemungkinan pertumbuhan pasar untuk produk ini. Menurut RBC Capital Markets dan Association for Home Care & Hospice (NAHC), diperkirakan bahwa pasar produk home healthcare akan tumbuh lebih dari 10 persen per tahun. Dari yang sebelumnya USD 40 miliar pada tahun 2016 akan meningkat hingga mencapai angka 54 Miliar pada tahun 2019 nanti.