Rumah Sakit Ibu dan Anak Aceh Raih Akreditasi Paripurna

Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Pemerintah Aceh berhasil meraih akreditasi predikat paripurna dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS). Direktur RSIA Pemerintah Aceh, dr. Amri Kiflan, M.Kes mengatakan, predikat bergengsi yang diterima tak lain merupakan hasil kerja keras semua unsur di rumah sakit yang dipimpinnya itu. Termasuk dukungan dari Guberur Aceh drh. H.Irwandi Yusuf, M.Sc dan Ir. H. Nova Iriansyah, M.T. selaku Wakil Gubernur serta seluruh jajaran Pemerintah Provinsi Aceh.

Persiapan proses akreditasi itu sebenarnya telah dimulai sejak awal tahun 2015. Meliputi pembenahan manajemen internal, pengembangan SDM dengan berbagai kualifikasi,penyempurnaan dokumenStandar Prosedur Operasional(SPO), melengkapi berbagai fasilitas unit layanan, pengembangan inovasi layanan berupa Sistem Informasi ManajemenRumah Sakit (SIM-RS), pendaftaran online, pelayanan bernuansa Islami yang semuanya bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan keselamatan pasien.

Akreditasi ini menunjukkan tingkat kepercayaan masyarakat kepada Rumah Sakit Ibu dan Anak semakin meningkat. Masyarakat tersebut berasal dari Kota Banda Aceh dan sekitarnya serta berbagai masyarakat dari kabupaten dan kotadi Aceh.

Untuk mencapai tingkatParipurna, suatu rumah sakit harus lulus penilaian 15 program kerja dengan nilai ratarata minimal 80%, yaitu kelompok standar pelayanan berfokus pada pasien, kelompok standar manajemen rumah sakit, sasaran keselamatan pasien rumah sakit dan sasaran milenium development goals.

Akreditasi ini juga menunjukkan bahwa RSIA telah memberikan pelayanan sesuai standar yang ditentukan sehingga dapat memberikan pelayanan medis prima yang berorientasi pada patient safety, fokus terhadap kebutuhan pasien, efektif dan kompetitif, menyediakan layananb aru sesuai perkembangan IPTEK demi menciptakan kepuasan bagi masyarakat.

Kendati begitu dr. Amri menjelaskan, akreditasi ini bukanlah akhir. Namun merupakan upaya peningkatan kualitas secara terus-menerus (Continous Quality Improvement). Ditambah lagi, sekarang sudah merupakan era jaminan Kesehatan Nasional dan JKRA sehingga RSIA akan terus meningkatkan kualitas pelayanan menjadi lebih baik, berkualitas, efisien, dan profesional